Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Fajar 2 Margajaya Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Wati, Ratna (2019) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Fajar 2 Margajaya Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RATNA WATI NPM. 14115231.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan suatu pandangan atau penilaian terhadap sesuatu atau seseorang. Hal ini menyangkut persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru. Siswa yang mempunyai penilaian atau persepsi terhadap guru dalam proses belajar mengajar yang baik maka dapat menerima proses tersebut dengan baik pula, begitupun sebaliknya. Artinya semakin baik persepsi atau penilaian siswa tehadap keterampilan guru akan semakin baik pula minat siswa terhadap belajar. Masalah yang penulis temukan diketahui bahwa cara mengajar guru PAI dalam kelas sudah baik. Terbukti guru dalam penyampaian materi, persiapan dan dalam mengelola kegiatan pembelajaran sangat baik. Dan melalui pengamatan penulis diketahui minat belajar PAI siswa terbilang cukup baik, hal tersebut dapat di lihat dari cara mereka belajar yang menunjukkan perhatian dalam belajar, keaktifan dalam mengikuti pelajaran dan menjawab pertanyaan dari guru dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif yaitu metode penelitian yang dalam menganalisis datanya mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka. Dalam penelitian ini rumusan masalah adalah adakah hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar PAI siswa SMP Fajar 2 Margajaya Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar PAI siswa SMP Fajar 2 Margajaya.

Metode pengumpul data yang penulisgunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket dan dokumentasi. Kemudian untuk mendeskripsikan kedua variabel kedalam bentuk kuantitatif dianalisa datanya menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah diteliti dan dianalisa dengan menggunakan metode statistik dengan rumus korelasi product moment dihasilkan bahwa ????????????= 0,528 untuk N = 52, ini berarti bahwa ????????????lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% (0,273) maupun 1% (0,354), bila dimasukkan kedalam interprestasi “r” berada pada0,40-599, jika diperhatikan maka indeks korelasi yang di peroleh positif.

Dengan demikian hasil perhitungan di atas berarti bahwa terdapat hubungan yang positif artinya semakin baik persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru maka semakin baik minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:22
Last Modified: 14 Jan 2020 07:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item