Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat melakukan pembiayaan dana talangan haji (Studi kasus Bank Aman Syariah)

., Restiana (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat melakukan pembiayaan dana talangan haji (Studi kasus Bank Aman Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi.144.FEBI.2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan rasa ketertarikan terhadap suatu hal atau aktivitas yang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal yang terdiri dari kepribadian, persepsi, pembelajaran, motivasi, sikap, gaya hidup, kepercayaan, pengalaman, umur, dan agama; dan faktor eksternal yang terdiri dari budaya, sosial, pelayanan, lokasi, profit sharing, dan promosi. Pembiayaan dana talangan haji merupakan salah satu produk bank syariah yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi dan membiayai semua yang diperlukan para calon jamaah haji untuk pendaftaran haji termasuk talangan yang disetorkan ke Sistem Komputerisasi Haji Terpadu. Kajian ini mengakaji faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat melakukan pembiayaan dana talangan haji di BPRS Aman Syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan teknik sampling purposive dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepada Direktur, Account Officer dan masyarakat Sekampung. Dokumentasi bersumber dari buku yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat melakukan pembiayaan dana talangan haji dan dokumen terkait profile BPRS Aman Syariah. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat melakukan pembiayaan dana talangan haji di BPRS Aman Syariah yaitu faktor internal seperti kepribadian, sikap, persepsi, kepercayaan, pengalaman, pengetahuan, agama; dan faktor eksternal seperti, promosi dan profit sharing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:32
Last Modified: 02 Oct 2019 06:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item