Peranan Mentor Bina Pribadi Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Aisah, Siti (2019) Peranan Mentor Bina Pribadi Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI AISAH NPM 1501010115.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peningkataan kecerdasan spiritual adalah usaha yang dilakukan untuk mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan perkembangan kejiwaan, rohani, batin, mental, serta moral diri seseorang. Usaha meningkatkan kecerdasan spiritual yaitu dengan mengaktifkan hati secara rutin dalam konteks orang beragama adalah dengan mengingat Allah. Karena Allah adalah sumber kebenaran tertinggi dan kepada Allah kita kembali. Salah satu usaha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di lingkungan SMP IT Bina Insani Metro yaitu dengan adanya program Bina Pribadi Islami (BPI) atau mentoring.Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana Peranan Mentor Bina Pribadi Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di SMP IT Bina Insani Metro utara. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi,dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan Reduksi data, Displaydata serta Verifikasi atau penarikan kesimpulan, untuk Uji keabsahan mengguakan Trianggulasi sumber.

Peran Mentor BPIdalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP IT Bina Insani Metro ada 3peran yaitu sebagai walid (orang tua), syaikh danguru, sebagai berikut: Peran mentor BPIsebagai walid (orang tua), seperti memberi perhatian kepada siswa, mengasuh dan membimbing siswa, serta menjadi teman curhat siswa.Sebagai syaikh, seperti memberikan pengarahan dan pemahaman tentang agama islam, membantu mengarahkan siswa dalam meningkatkan kecerdasan spiritual yang ada dalam dirinya dengan cara membimbing siswa untuk menemukan makna hidup dengan mengambil sisi positif dari setiap musibah yang di alami siswa, selalu mengajarkan untuk berfikir positif dan tidak selalu berprasangka yangtidak-tidak dalam setiap keadaan.Lalu sebagai guru seperti mendidik siswa untuk lebih mengenal islam,memberikan keteladanan yang baik bagi siswa,mengevaluasi setiap pembelajaran dan lembar muthaba’ah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.Faktor pendukung dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa diantaranya kemampuan mentor dalam menguasai dan menyampaiakan materi, kurikulum sudah diatur, siswa sudah dikondisikan untuk mengikuti bina pribadi islami,serta sudah tersusun, dan terjadwal. Faktor penghambat adalah Sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang bersinerginya orangtua siswa dengan sekolah, latar belakang siswa yang berbeda, kondisi spiritual mentor dalam kegiatan bina pribadi islami yang menurun, dan strategi pembelajaranyang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:43
Last Modified: 14 Jan 2020 07:43
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item