Manajemen Kurikulum Pesantren di Era Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Rumbia Lampung Tengah)

Mashuri, . (2018) Manajemen Kurikulum Pesantren di Era Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Rumbia Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS MASHURI.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) Sejarah perkembangan pondokpesantren Darul Muttaqin, 2) Manajemen kurikulum pondok pesantren Darul Muttaqin dan relevansinya dengan era global.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatifdengan rancangan studi kasus yang bersifat fenomenologis. Setting penelitian ini berada di Pondok Pesantren Darul Muttaqindengan subyek penelitianpada Yayasan Pondok Pesantren Darul Muttaqin. Sedangkan sebagaiinformannya adalah ketua yayasan, pengasuh, pengurus, asatidz, kepala sekolah,guru dan santri Pondok Pesantren Darul Muttaqin. Adapun teknik dalampengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tiga metode, yaitupengamatan (observation), wawancara mendalam (indepth interview) dandokumentasi (documentation). Teknik pengecekan keabsahan data yang dilakukandengan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisadata dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data dan verifikasi untukpenarikan kesimpulan.

Penelitian ini menghasilkan beberapa penemuan; pertama, sejarahperkembangan pondok pesantren Darul Muttaqinmulai dari pondokpesantren tasawuf, menghafal al Qur’an dan mempelajari kitab kuningyangmenggunakan sistem klasikal. Berkembang menjadi pondok pesantren yangmengelola dua jenis kurikulum pendidikan yaitu kurikulum pendidikan pesantrendan kurikulum pendidikan formal. Kurikulumnya bersifat intergral yang artinyakegiatan-kegiatan yang dilakukan saling mendukung dan masih dalam saturangkaian. Kedua, manajemen yang dikembangkan di pondok pesantren Darul Muttaqinadalah sebagai berikut: 1) perencanaan yang meliputi visi,misi, tujuan, fungsi dan nilai-nilai yang harus dilaksanakan oleh santri; 2)pengorganisasian yang meliputi kurikulum pendidikan pesantren, kurikulumpendidikan formal dan pendidikan ketrampilan yang berbasis IT dan berbahasaasing; 3) penerapan dilakukan dengan metode pengajaran pesantren dan metodependidikan yang diterapkan pemerintah; dan 4) pengontrolan dilakukan untukmengukur kemampuan penguasaan santri terhadap ilmu yang telah dipelajari.Ketiga, keberadaan kurikulum pondok pesantren dengan era global dapat dilihatdari dua jenis relevansi, yaitu relevansi akademik dan relevansi sosial. Relevansiakademik dapat dilihat dari adanya lembaga pendidikan formal, pelatihankepemimpinan, organisasi, dan memberikan keterampilan-keterampilan berbahasaasing dan teknologi informasi. Adapun dari relevansi sosial dapat dilihat darin kiprah pondok pesantren dan kiprah para santri dan alumninya di tengah-tengahmasyarakat.

Key words : Manajemen kurikulum pondok pesantren, era global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:01
Last Modified: 15 Jan 2020 01:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item