Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah

Arianto, . (2018) Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS ARIANTO (1605831).pdf - Other

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar melibatkan beberapa komponen, yaitu peserta didik, guru, tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode mengajar, media dan evaluasi.Salah satu tujuan pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang positif dari peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, seperti perubahan yang secara psikologis akan tampil dalam tingkah laku yang dapat diamati melalui alat indera oleh orang lain, baik tutur katanya, motorik dan gaya hidupnya.

Berdasarkan latar belakang di atas penulis ingin mengetahui HubunganLingkunganBelajardanMotivasiBelajardenganHasil Belajar MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan hubunganlingkunganbelajardengan hasil belajarMTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah, Menjelaskanhubungan motivasi belajar dengan prestasibelajar MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah, Menjelaskanhubungan antaralingkunganbelajardan motivasibelajardengan hasil belajarMTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah.

Jenis penelitian inikuantitatif dengan sifat penelitian expost factomelalui pendekatan survey. Penelitiansurvey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusif, dan hubungan-hubungan antara variabel sosiologis maupun psikologis. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan angket, dan dokumentasi.

Hasil penelitian dan penghitungan data didapatkan Dari tabel anova diketahui bahwa nilai F sebesar 19.975. hal ini berarti bahwa nilai F hitung jauh lebih besar jika dibandingkan dengan F tabel (19.975 > 4.387). Artinya bahwa ada hubungan positif secara bersama-sama antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jika semakin tinggi lingkunganbelajardan motivasibelajaryang dimiliki maka semakin tinggi pula hasil belajarsiswayang dihasilkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima atau dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang positif antaralingkunganbelajardan motivasibelajardenganHasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 00:48
Last Modified: 15 Jan 2020 00:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item