Metode Pendidikan Akhlak dalam Peningkatan Perilaku Positif Siswa di SMP Islam Terpadu (IT) Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah

Hidayanti, Nurul (2018) Metode Pendidikan Akhlak dalam Peningkatan Perilaku Positif Siswa di SMP Islam Terpadu (IT) Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NURUL HIDAYANTI_NPM. 14115091.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan seputar akhlak bangsa Indonesia cukup memprihatinkan, misalnya pencurian, perampokan, tawuran antar pelajar, kebiasaan menyontek saat ujian, seks bebas, pemerkosaan dan berbagai kekerasan terhadap anak dan remaja. Kondisi ini menandakan bahwa pendidikan akhlak tidak berdampak terhadap perubahan perilaku siswa, ini disebabkan oleh metode yang digunakan selama ini masih konvensional yaitu metode yang biasa saja atau cara yang tradisional. Dalam proses pendidikan akhlak dalam peningkatan perilaku siswa itu dibutuhkan metode yang efektif. Di SMP IT Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah guru telah melakukan metode guna untuk menanamkan nilai-nilai akhlak , untuk meningkatkan perilakupositifsiswa dan mencapai tujuan dari pendidikan akhlak.

Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana metode pendidikan akhlak dalam peningkatan perilaku positif siswa di SMP IT Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah?, 2) Apa saja faktor pendukung metode pendidikan akhlak dalam peningkatan perilaku positifsiswa di SMP IT Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah?, 3) Apa saja faktor penghambat metode pendidikan akhlak dalam peningkatan perilaku positifsiswa di SMP IT Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah? Metodologi penelitian ini penulismenggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan akhlak dalam peningkatan perilaku positifsiswa yang digunakan oleh guru dalam keteladanan, pembiasaan,pemberian nasihatdan hukuman. Faktor pendukungnya adalah bimbingan dari sekolah SMP IT Bustanul Ulum Terbanggi Besar Lampung Tengah, keterlibatan keluarga dan masyrakat yang kondusif. Kemudian faktor penghambat adalah karakter dan asal daerah siswa yang bervariasi, penyalahgunaan teknologi dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurangkondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 00:32
Last Modified: 15 Jan 2020 00:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item