Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Lemabaga Keuangan Syariah Mikro Terhadap Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Metro Madani Kota Metro

Wulandari, . (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Lemabaga Keuangan Syariah Mikro Terhadap Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Metro Madani Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
WULANDARI (NPM.141275310).pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan bagi hasil (mudharabah) adalah akad kerja sama antara dua pihak, yaitu pihak pertama menyediakan seluruh modal (shahibul mal)dan pihak kedua menjadi pengelola (mudharib).Keuntungan dibagi sesuai kesepakatan yang dituangkan dikontrak dan apabila rugi ditanggung pemilik modal selama kerugian itu bukan akibat dari kelalaian pengelola.Bank syariah secara fungsi seharusnya menyediakan produk-produk untuk kegiatan usaha seperti halnya produk Pembiayaan bagi hasil (mudharabah) yang jika dilakukan secara maksimal dapat menekan inflasi karena tidak ada bunga yang harus dibayarkan, akan tetapi dalam praktik lembaga keuangan syariah pembiayaan bagi hasil (mudharabah) masih sangat sedikit dari pembiayaan dengan konsep jual beli (murabahah). sedangkan Citra lembaga keuangan syariah itu terletak pada sistem pembiayaan bagi hasilnya. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat lembaga keuangan syaraiah mikro terhadap pembiayaan mudharabahipada BPRS Metro Madani Kota Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research),bersifat kualitatif karena berupaya mendeskripsikan atau menggambarkan secara sistematis fakta dan fenomena sebagaimana mestinya. Penelitian ini mengggunakan metode wawancara dsebagai teknik pengumpulan data. Wawancara dilakukan kepada direksi, marketingBPRS Metro Madani Kota Metro dan Lemabaga keuagan syariah mikro. Data-data trsebut dianalisis secara induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat lembaga keuangan syaraiah mikro terhadap pembiayaan mudharabahi pada BPRS Metro Madani Kota Metrodisebabkan faktor internal dan eksternal. Fakor-faktor tersebut meliputi tingkat risiko yang tingggi jika kedua belah pihak yang bekerja sama tidak jujur, karena konsep bagi hasil hanya menentukan prosentase dari pendapatan, sehingga dibutuhkan kejujuran dalam pelaporan pendapatan setiap bulannya. Tingkat kepercayaan yang kurang pembiayaan mudharabahpada BPRS Metro MadaniKota Metrohanya disalurkan pada lembaga keuangan syariah mikro tidak disalurkan pada perorangan. Dan sosialisasi tentang produk mudharabahdi BPRS Metro Madani Kota Metrodengan calon mitra kerja masih kurang sehingga tingkat pemahaman tentang produk tersebut masih sangat minim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:19
Last Modified: 15 Jan 2020 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item