Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI SMK Wiratama Kotagajah Tahun Pelajaran 2016/2017

Habibah, . (2018) Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI SMK Wiratama Kotagajah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HABIB NPM.1283171.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islampeserta didik SMK Wiratama Kotagajahmasih rendah. Salah satu penyebabnya adalah Metode yang digunakan selama ini belum optimal, sehingga peserta didik tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar Pendidikan Agama Islammenjadi rendah. Identifikasi masalah yang telah diuraikan, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalahmetode pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi, masih rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XISMK Wiratama Kotagajah. Dari masalah tersebut untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islamadalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model Think Pair Share memberi waktu kepada peserta didik untuk berfikir secara mandiri dan merespon peserta didik lain serta berbagi dengan teman yang lain. Pelaksanaan model Think Pair Share dibagi menjaditiga tahap yakni Thinking (Berpikir), Pairing (Berkelompok), dan Sharing (Berbagi) sehingga peserta didik dapat ikut aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XISMK Wiratama Kotagajahdengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share(TPS). Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain metode observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Setelah dilakukan PTK menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) hasil belajar siklus I mencapai persentase ketuntasan sebesar 56,1%dan setelah dilaksanakan pembelajaran siklus II meningkat sebesar 21,1%menjadi 77,2%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas peserta didik, peningkatan ini disebabkan karena adanya upaya perbaikan dalam pencapaian target hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share(TPS)dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islampeserta didik kelas XISMK Wiratama Kotagajah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:58
Last Modified: 15 Jan 2020 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item