Minat Masyarakat Terhadap Kredit Pemilikan Rumah Menggunakan Akad Murabahah di BRI Syariah KCP Metro Lampung

Handini, Karmi (2019) Minat Masyarakat Terhadap Kredit Pemilikan Rumah Menggunakan Akad Murabahah di BRI Syariah KCP Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
KARMI HANDINI 141265610 .pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Produk yang ditawarkan meliputi produk simpanan seperti mudharabah dan wadiah, untuk produk pinjaman seperti murabahah dan musyarokah.

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) merupakan salah satu produk unggulan dari BRI Syariah karena dirasa permintaan masyarakat akan produk tersebut mengalami peningkatan dari tahun ketahun, begitupun juga pendapatan yang didapat BRI Syariah didominasi oleh akad murabahah yang berasal dari pembiayaan KPR. Jenis penelitianyang digunakan adalahpenelitian lapangan atau field research. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif dengan cara berfikir induktif.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap KPRmenggunakan akad Murabahah di BRI Syariah KCP Metro.

Hasil penelitian menunjukan bahwaminat masyarakat untuk menggunakan produk KPRdengan akad murabahah di BRI Syariah KCP Metro dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya kepribadian, sikap dan keyakinan, motivasi, kebutuhan dan agama. Faktor eksternal yang mempengaruhi diantaranya pelayanan, margin keuntungan, lokasi serta promosi yang dilakukan oleh BRI Syariah KCP Metro. Minat masyarakat mengalami peningkatan setiap tahunnya dengan beberapa motif yang mendasaridiantaranya karena mudah dalam pencairan, marginya kecil, pelayanan yang memuaskan serta lokasi bank yang dekat. Rasa kepuasan nasabah setelah melakukan transaksi khususnya pada produk KPR menggunakan akad murabahah juga mempengaruhi minat nasabah. Adanya promosi melalui marketing yang sangat mudah diterima masyarakat karena pemberian informasi yang sangat jelas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:27
Last Modified: 15 Jan 2020 02:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item