Persepsi Wirausaha di Desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara Terhadap Perbankan Syariah di Kota Metro

Isnawan, Rudi (2019) Persepsi Wirausaha di Desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara Terhadap Perbankan Syariah di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RUDI ISNAWAN 141272710.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan jaringan perbankan syariah memerlukan upaya-upaya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai produk, mekanisme, sistem dan seluk beluk perbankan syariah karena pemahaman masyarakat tersebut dapat mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakanbank syariah.Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya sikap dan persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah itu sendiri. Seperti halnya masyarakat desa Banjarsari yang mayoritas umat muslim tetapi belum memahami prinsip perbankan syariah, sehingga masyarakat belum berminat mengunakan jasa perbankan syariah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research) yang bersifat deskriptif. Teknik analisis data menggunakan metode analisis kualitatif yang bersifat induktif. Data diperoleh melalui wawancara dengan 10 wirausahawan di desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tedapat keberagaman persepsi wirausahawan terhadap bank syariah baik itu dari segiproduk (pinjaman dan tabungan) dansistem bagi hasil. Hal itu dikarenakan kurangnya pengetahuan wirausahawan terhadap bank syariah. Ada beberapa sifat yang mempengaruhi wirausahawan berbeda persepsi terhadap bank syariah yaitu faktor pengalaman dan harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:30
Last Modified: 15 Jan 2020 02:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item