Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah Sertifikasi Guru pada BPRS Metro Madani Kantor Pusat

Affandi, Trya (2019) Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah Sertifikasi Guru pada BPRS Metro Madani Kantor Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TRYA AFFANDI NPM. 141274410.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen risiko adalah suatu metode pemindahan risiko dalam rangka meminimalisir, menghindari, dan mengurangi risiko kepada pihak lain untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Jaminan yang tidak memiliki nilai jual dalam pembiayaan Murabahahsertifikasi guru Pegawai Negeri Sipil pada BPRS Metro Madani memiliki risiko yang tinggi apabila terjadi wanprestasi maupun regulasi pemerintah untuk mencabut dana sertifikasi bagi guru Pegawai Negeri Sipil sehingga bank harus mampu memanajemen risiko tesebut.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif bersifat induktif dimana pengambilan kesimpulan diambil dari fakta-fakta khusus yang didasarkan pengamatan dilapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen risiko pembiayaan murabahah sertifikasi guru pada BPRS Metro Madani belum sepenuhnya sesuai dengan teori karena dalam menganalisis prinsip 5C hanya menekankan pada aspek colleteralpadahal dalam aspek colleteralyang ditekankan justru menurut Otoritas Jasa Keuangan tidak sesuai dengan Peraturan OJK dan Peraturan Bank Indonesia dengan alasan pemberian jaminan PIN ATM dan menjadikan buku tabungan dana sertifikasi sebagai jaminan karena PIN ATM tidak boleh diberitahukan kepada orang lain sedangkan buku tabungan tidak memiliki nilai jual, sehingga pada akhir bulan april tahun 2018 pembiayaan murabahah sertifikasi guru diberhentikan dan dievaluasi kembali oleh OJK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:34
Last Modified: 15 Jan 2020 02:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item