Efektivitas Penanganan Pembiayaan Bermasalah Produk Griya IB Hasanah dengan Menggunakan Akad Murabahah Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang

Mawarni, Like (2019) Efektivitas Penanganan Pembiayaan Bermasalah Produk Griya IB Hasanah dengan Menggunakan Akad Murabahah Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI LIKE MAWARNI 1502100072 .pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Penanganan Pembiayaan Bermasalah Produk Griya IB Hasanah dengan Menggunakan Akad Murabahah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang” ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana efektivitas penanganan pembiayaan bermasalah produk Griya IB Hasanah dengan menggunakan akad Murabahah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang?.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari dokumen yang berupa data Bank BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang, penelitian lapangan dengan pihak bank dan wawancara secara langsung dengan pihak bank yang menangani pembiayaan bermasalah, serta literatur pendukungyang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat.

Dalam penaganan pembiayaan bermasalah, Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang mempunyai beberapa alternatif yaitu, penagihan intensif, melakukan penyelamatan dengan R3 yaitu rescheduling, restructuring, dan reconditioning, serta penjualan jaminan/agunan. Tahapan yang dilakukan oleh pihak bank dalam penanganan pembiayaan bermasalah adalah dengan pendekatan secara lunak atau persuasif yang lebih menekankan pada hubungan baik antara petugas bank dengan nasabah pembiayaan, kemudian pendekatan secara tegas yang dilakukan pihak bank apabila upaya persuasif gagal dilakukan. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang sudah efektif dalam melakukan penanganan pembiayaan bermasalah ditinjau dari terlaksananya penanganan sudah sesuai dengan peraturan yang ada pada Bank dan telah berhasil melakukan penanganan dengan melakukan eksekusi jaminan maupun nasabah melakukan pelunasan dengan uang yang dimiliki nasabah. Agunan atau jaminan yang akan dijual disesuaikan dengan harga pasaryang telah disepakati oleh pihak bank dan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:38
Last Modified: 15 Jan 2020 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item