Sistem Pengendalian Pembiayaan Untuk Mempertahankan Tingkat Likuiditas (Studi Kasus BPRS Aman Syariah)

Hardiyanto, Rahmad (2019) Sistem Pengendalian Pembiayaan Untuk Mempertahankan Tingkat Likuiditas (Studi Kasus BPRS Aman Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi rahmat fix doc.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan suatu Negara, apa lagi Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Peran srategis Bank tersebut terutama disebabkan oleh fungsi utama Bank sebagai lembaga yang dapat menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem pengendalian pembiayaan untuk mempertahankan tingkat likuiditas (studi kasus BPRS Aman Syariah).

Likuiditas adalah kemampuan manajemen Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dalam menyediakan dana yang cukup untuk memenuhi kewajiban setiap aset. Setiap Bank PembiayaanRakyat Syariah (BPRS) dianggap likuid apabila BPRS tersebut mempunyai kesanggupan untuk membayar penarikan tabungan, deposito berjangka, pinjaman di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) yang segera jatuh tempo, pemenuhan permintaan pembiayaan tanpa adanya penundaan (pembiayaan yang direalisasi).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikanSistem Pengendalian Pembiayaan Untuk Mempertahankan Tingkat Likuiditas (Studi Kasus BPRS Aman Syariah)dalam memberikanpembiayaan untuk mengendalikan kas didalam bank agar tidak kosong. Jenis penelitian ini adalah field research. Alat Pengumpulan data penelitian ini mengunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memperkaya khazanah keilmuan serta wawasan praktik perbankan khususnya berkaitan dengan pengendalian pembiayaan oleh Direktur dan Accounting Officer.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak BPRS Aman Syariah kurang dapat mengendalikantingkat likuiditasnya, itu dapat terlihat dari kenaikan tingkat likuiditas yang mencapai 10%-15% dari total aset pada saat hari Ramadhan atau hari-hari menjelang lebaran, kendati demikian pihak BPRS masih bisa menjaga likuiditasnya dalam angka normal tidak lebih dari angka yang di tetapkan BI atas tingkat likuiditas yang menujukan angka normal, yakni 29%dari total aset yang ditetapkan BI untuk BPR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:08
Last Modified: 15 Jan 2020 03:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item