Analisis Kelayakan Pemberian Pembiayaan Murabahah Pada Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Metro)

Mardhiyah, Ulfa Fadhila (2019) Analisis Kelayakan Pemberian Pembiayaan Murabahah Pada Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ULFA FADHILA MARDHIYAH.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Analisispembiayaanmerupakanlangkahpentinguntukmerealisasikanpembiayaan di bank syariah. Analisispembiayaan yang dilakukanolehpelaksana (pejabat) pembiayaan di bank syariahdimaksudkanuntukmenilaikelayakancalonnasabah, danmenekanresikoakibattidakterbayarnyapembiayaan.Dalam pengajuan pembiayaan nasabah harus memenuhi syarat-syarat umum yang telah ditentukan, karena persyaratan tersebut memiliki peranan penting dalam pemberian pembiayaan, apabila pihak Bank kurang teliti dalam menganalisa calon nasabah tersebut, maka akan dikhawatirkan terjadi pembiayaan macet, maka penulis tertarik melakukan penelitian pada BRISyariah KCP Metro, dikarenakan BRISyariah ini merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang cukup banyak menyalurkan pembiayaan berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui analisis kelayakan pemberian pembiayaan murabahah pada produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang dilakukan oleh Bank BRISyariah KCP Metro. PenelitianinimerupakanPenelitian lapangan (field research).Sumberdata yang digunakan meliputi primer dan sekunder.Dalam pengumpulan data,peneliti mengumpul kandengan menggunakan alat pengumpul data wawancara dan dokumentasi. Hasilanalisis terhadap permasalahan yang dibahas dipaparkan secara deskriptif dengan pola pemikiran induktif dalam laporan hasil penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang peneliti lakukan pada BRISyariah KPC Metro, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: analisis kelayakan pemberian pembiayaan murabahah pada produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang dilakukan oleh Bank BRISyariah KCP Metro yaitu dengan menggunakan prinsip 5C (character, capacity, colleteral, capital, condition ofeconomy) dan ditambah dengan prinsip 3P (personality, party, purpose). Pihak BRISyariah KCP Metro sudah cukup baik dalam menjalankan prinsip 5C dan 3P tersebut dalam melakukan analisa kelayakan pemberian pembiayaan murabahah pada produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Kemudian setelah analisis kelayakan pemberian pembiayaan hasilnya baik kemudian akan dilakukan penandatanganan akad, selanjutnya Account Officer (AO) melakukan monitoring terhadap pembiayaan yang telah diberikan. Nasabah Bank melakukan perjanjian dan kesepakatan terhadappembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR iB).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:30
Last Modified: 15 Jan 2020 03:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item