Persepsi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Terhadap Bank Syariah Mandiri

Ariyanti, Safitri (2019) Persepsi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Terhadap Bank Syariah Mandiri. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Safitri Ariyanti NPM. 141272910 S1 PBS.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro merupakan bagian dari masyarakat akademik yang sehari-hariya mengkaji ilmu pengetahuan di bidang ekonomi Islam termasuk perbankan syariah. Persepsi Dosen Tetap PNS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro terhadap Bank Syariah Mandiri menjadi topik yang menarik untuk diteliti, sebab IAIN Metro sejak tahun 2017 mengambil langkah untuk bermitra dengan Bank Syariah Mandiri, menjadikannya sebagai perantara payment honor, menyebabkan seluruh Dosen PNS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tergabung sebagai nasabah Bank Syariah Mandiri. Dengan demikian, status sebagai nasabah Bank Syariah Mandiri merupakan hasil dari sebuah kebijakan, bukan atas keinginan masing-masing dosen, maka hal tersebut berdampak pada persepsi dan perilakunya dalam memanfaatkan produk dan pelayanan Bank Syariah Mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro terhadap Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Dosen PNS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mendokumentasikan dokumen yang terkait dengan penelitian. Semua data-data yang diperoleh dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai persepsi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro terhadap Bank Syariah Mandiri terdapat persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro terhadap Bank Syariah Mandiri terletak pada produk funding (penghimpunan dana), ditandai dengan adanya ketertarikan 5 dosen untuk mengambil produk Bank Syariah Mandiri di antaranya adalah tabungan haji dan deposito. Sedangkan persepsi negatif dosen terhadap Bank Syariah Mandiri terdapat pada produk lending (pengaluran dana), di mana terdapat dosen yang menganggap bahwa bank syariah yang ada di Indonesia masih belum menerapkan prinsip bagi hasil secara tepat sehingga hal ini menyebabkan dosen cenderung mengindari produk pembiayaan di Bank Syariah Mandiri. Selain itu, dari segi pelayanan, pegawai masih kurang optimal dalam memperlakukan nasabah secara personal dan kurang tanggap ketika suasana sedang ramai nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:34
Last Modified: 15 Jan 2020 03:34
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item