Minat dan Motivasi Menabung pada Bank Syariah dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 Perbankan Syariah Angkatan Tahun 2016/2017)

Nurdiani, Siti (2019) Minat dan Motivasi Menabung pada Bank Syariah dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 Perbankan Syariah Angkatan Tahun 2016/2017). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI NURDIANI 1502100311.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui minatdanmotivasimenabung pada Bank Syariah dikalangan mahasiswaIAIN Metro jurusan S1 Perbankan Syariah.Manfaatsecara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan upaya untuk mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan serta menambah wawasan tentang minat dan motivasi menabung pada bank syariah dikalangan mahasiswa.Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, masukan atau saran dalam aplikasi perbankan syariah.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapanganyang merupakan metode penelitian yang memang benar terjadi dilapangan dan sifat penelitian ini deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan dua sumber yaitu sumber data primer dan sekunder danmenggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa rendahnya minat dan motivasi menabung pada Bank Syariah di kalangan mahasiswa, dipengaruhi oleh beberapa faktor internal, eksternal, sumber motivasi intrinsik dan ektrinsik. Faktor internal yang dipengaruhi yaitu persepsi, kepribadian, pembelajaran, sikap dan kepercayaan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu budaya, keluarga, pelayanan dan lokasi. Faktor internal yang dominan yaitu sikap, sedangkan faktor eksternal yaitu lokasi. Sumber motivasi yang dominan yaitu sumber motivasi intrinsik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:05
Last Modified: 15 Jan 2020 04:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item