Strategi BRI Syariah dalam Menganalisis Kelayakan Pembiayaan Mikro Perspektif Manajemen Strategi

Mujayanah, Umi (2019) Strategi BRI Syariah dalam Menganalisis Kelayakan Pembiayaan Mikro Perspektif Manajemen Strategi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
UMI MUJAYANAH 1412274810.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

embiayaan pada perbankan syariah memiliki konsep serupa dengan istilah kredit pada perbankan konvensional. Bank syariah dalam menyalurkan pembiayaan juga membutuhkan tahap-tahap dan analisis yang matang terhadap calon nasabah.Tahap terpenting dalam pembiayaan yaitu analisis kelayakan yang menjadi tombak dalam meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah. Prinsip yang digunakan dalam analisis pembiayaan yaitu prinsip 5 C yaitu character, capacity, capital, collateral dan condition ofeconomy.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis yakni penelitian yang menggambarkan suatu gejala datadata dan informasi yang berdasarkan pada fakta yang diperoleh di lapangan.

Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk mengetahuistrategi BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Natardalam meng analisis kelayakan pembiayaan mikro.Manfaat teoritispenelitian ini dapat memberikan masukan bagi dunia perbankan agar meningkatkan kinerjanya dalam menganalisis kelayakan usulan pembiayaan mikro.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi disiplin ilmu strategi BRI Syariah dalam menganalisis kelayakan pembiayaan mikro.

Analisis kelayakan pembiayaan mikro Pada BRI Syariah KCP Natar dilihat dari sejumlah kasus yang ditemukan pada nasabah dan implementasinya lebih menekankan pada aspek character, capacity, dan syariah. Selain itu dipertimbangkan pula aspek pendukung seperti capital, condition of economy dan collateral.

Strategi BRI Syariah KCP Natar dalam menganalisis pembiayaan mikro menerapkan berbagai hal yang memudahkan nasabah dalam memberikan pembiayaan dan meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah.seperti melakukan pendekatan personal kepada calon nasabah dengan komunikatif, pembagian tugas yang baik oleh Micro Unit Head sebelum para staf pembiayaan melakukan survei ke nasabah, perencanaan yang baik sebelum investigasi ke nasabah dengan menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan, Funding & Relationship Officerdalam menganalisis lebih menekankan aspek karakter, capacity dan syariah, aspek collateral merupakan pendukung bukan hal yang pertama kali dianalisis, proses penilaian karakter dilakukan dengan dua cara yaitu wawancara dan investigasi, kemudahan dalam prosedur pembiayaan, penjelasan secara detail oleh staf pembiayaan ketika calon nasabah melakukan permohonan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:12
Last Modified: 15 Jan 2020 04:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item