Pengaruh E-Learning Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia di Perbankan Syariah (Studi Kasus BPRS Aman Syariah Sekampung)

Anggraini, Rina (2019) Pengaruh E-Learning Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia di Perbankan Syariah (Studi Kasus BPRS Aman Syariah Sekampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RINA ANGGRAINI 141279110.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

E-learningpada hakikatnya adalah bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital dan disajikan melalui teknologi informasi.Digunakannya e-learningdiharapkan mampu mengurangi biaya pelatihan, memungkinkan belajar di setiap waktu dan di setiap tempat serta menyediakan cara belajar yang tepat waktu dan lebih efektif. E-learningdikembangkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Salah satu tujuannya ialah untuk mngembangkan kualitas pegawai guna meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja pegawai sangat menentukan kinerja perusahaan, maka pengembangan sumber daya manusia sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengukur hasil pengembangan sumber daya manusia tersebut diantaranyaadalah perubahan kinerja, perubahan kepribadian dan tingkah laku, ujian, penilaian oleh peserta pengembangan serta pemerikasaan oleh ahli. Untuk itu e-learning dibangun untuk memberikan manfaat baik bagi pegawai maupun bagi perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Learningterhadap kualitas sumber daya manusia di BPRS Aman Sayariah Sekampung.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikirinduktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPRS Aman Syariah Sekampung, dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan melalui metode e-learningsudah dilakukan dengan baik dan cukup berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia yang ada. E-learningmemberikan wawasan baru bagi pegawai sehingga bisa membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu manfaat yang dirasakan pegawai dari metode e-learningialah dapat mempercepat mengambil keputusan. Hal ini terkait dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan mengenai hal-hal baru, sehingga ketika megalami suatu masalah dalam pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. E-learningjuga memberikan perubahan terhadap kinerja pegawai, perubahan kepribadian pegawai, perubahan tingkah laku pegawai serta meningkatkan produktivitas kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:16
Last Modified: 15 Jan 2020 04:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item