Implementasi Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, Shodaqah (ZIS) Lembaga Keuangan Mikro Syariah Untuk Pemberdayaan UKM (Studi Kasus BMT Mentari Muamalat Mandiri Kotagajah)

Astuti, Dyah Ayu Setyo (2019) Implementasi Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, Shodaqah (ZIS) Lembaga Keuangan Mikro Syariah Untuk Pemberdayaan UKM (Studi Kasus BMT Mentari Muamalat Mandiri Kotagajah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DYAH AYU SETYO ASTUTI 141260910 .pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendistribusian dana Zakat, Infaq, Shodaqah lembaga keuangan mikro syariah untuk pemberdayaan UKM pada BMT Mentari Muamalat Mandiri Kotagajah. Pengertian pembiayaan Qardhul Hasan adalah pemberian harta kepada orang lain yang dapat ditagih atau diminta kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa mengharapkan imbalan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan bersifatpendekatandeskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti yang diperoleh dengan menggunakan metodedokumentasi dan wawancara. Informan penelitian adalah manager baitul maal BMT Mentari Muamalat Mandiri, bagian lapangan baitul maal, dan anggota atau penerima pembiayaan Qardhul Hasan pada BMT Mentari Muamalat Mandiri Kotagajah. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukanpendistribusian dana ZIS melalui pembiayaan qardhul hasan ini diperuntukkan bagi kaum dhuafa di lingkungan BMT Mentari Muamalat Mandiri Kotagajah. Namun, pengelolaan dana ZIS tersebut kurang maksimal dikarenakan pendistribusiannya lebih banyak kepada dana yang disalurkan secara konsumtif. Dan kurangnya pembinaan atau pendampingan cara berwirausaha. Dengan demikian disarankan agar sebaiknya BMT Mentari Muamalat Mandiri Kotagajah melakukan tindakan pendampingan serta lebih mengoptimalkan pengelolaan dana ZIS tersebut.

Kata Kunci: Distribusi, ZIS, Pemberdayaan UKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:19
Last Modified: 15 Jan 2020 04:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item