Hubungan Antara Lingkungan Belajar di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD N 1 Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung Tahun Ajaran 2019/2020

Agustirana, Wahyu (2019) Hubungan Antara Lingkungan Belajar di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD N 1 Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WAHYU - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan pendidikan manusia akan mampu mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan bangsa. Setelah melakukan observasi didalam kelas, didapati bahwa Secara umum prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika masih dibawah KKM, pembelajaran masih berpusat pada pendidik, kurangnya peserta didik dalam pemahaman konsep pembelajaran matematika, lingkungan belajar disekolah yang kurang kondusif, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembalajaran.

Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. prestasi belajar merupakan gambaran dari penguasaan kemampuan para peserta didik sebagai mana telah di tetapkan untuk suatu pelajaran baik oleh guru sebagai pengajar, maupun oleh peserta didik sebagai pelajaran bertujuan untuk mencapai prestasi yang setinggi tingginya. Lingkungan belajar dipengaruhi oleh sarana dan prasarana pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, hubungan siswa dengan teman-temannya, dan hubungan siswa dengan guru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Hubungan Lingkungan Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 1 Marga Mulya”.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Marga Mulya dan seberapa besar hubungannya?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian model kuantitatif, dengan sampel 32 siswa kelas V, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi rhitung sebesar 0,689 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dk n=30 sebesar 0,361, dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau diformulasikan rhitung (0,689)>rtabel (0,361), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:03
Last Modified: 15 Jan 2020 06:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item