Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Baling-Baling di RA Attaqwa Karang Mulya Lampung Utara

Yuliana, . (2019) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Baling-Baling di RA Attaqwa Karang Mulya Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YULIANA - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

vABSTRAKUpaya meningkatkan kreativitas anak melalui permainanbaling-baling di RA Attaqwa Karang Mulya Lampung UtaraOlehYULIANAkreativitas peserta didik di RA Attaqwa Karang Mulya belum berkembang secara maksimal terutama dalam kegiatankreativitas bawasannya peserta didik mengalami kesulitan dalam Menirukan bentuk, kurang dapat mengekspresikan diri dalam membentuk kreasi dalam berbagai media, karena kurangnya penekanan pada pengembangan kreativitas.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Peneliti tertarik untuk menerapkan kegiatan membuat permainan balingdalam meningkatkan kreativitas pada peserta didik, karna melalui kegiatan membuat permainan baling-balingjari-jaripeserta didikakan bergerak dankonsentrasi peserta didik akan lebih terfokuskan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui permainan baling-baing dapat meningkatkan kreativitas peserta didikdi RA Attaqwa Karang Mulya?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalahUntuk meningkatkan kreativitas peserta didik di RA Attaqwa Karang Mulya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat perkembangan anak peneliti menggunakan lembar observasi. Pelaksanaan kegiatan membuat permainan baling-baling di RA Attaqwa tahun ajaran 2019/2020 yang di laksanankan oleh 15 peserta didik.

Hasil penelitian :Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwakegiatanmembuat permainan baling-balingdapat meningkatkan kreativitas pada peserta didik di RA Attaqwa Karang Mulya.Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukan bahwa kreativitas peserta didik sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hal tersebut juga dapat diilihat saat proses kegiatan membuat permainan baling-balingberlangsung, peserta didiksudah dapat mengkoordinasi mata dan tangannya. Hal initerlihat dari peserta didiksudah dapat menggunakan tangan dan jari-jarinya untuk membentuk bentuk baling-balingdenganbaik serta jari–jari peserta didiknampakluwes danlentur pada saatkegiatan membuat permainan baling-baling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:04
Last Modified: 15 Jan 2020 07:04
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item