Penggunaan Seni Melipat Kertas Origami untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari Metro Pusat Kota Metro

Agustina, Neti (2019) Penggunaan Seni Melipat Kertas Origami untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari Metro Pusat Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NETI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seni melipat kertas atau origami, merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk dapat merangsang kreativitas serta membangun daya pikir anak. Menyadari hal tersebut peneliti memilih untuk mencoba mengajarkan beberapa cara melipat kertas origami kepada peserta didik di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Kegiatan ini peneliti adakan mengingat masih banyak peserta didik yang belum mampu melipat kertas dengan adanya kegiatan ini merangsang perkembangan kreativitas peserta didik di Taman Kanak-Kanak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melaui seni melipat kertas origami dapat mengembangkan kreativitas peserta didik di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Metro Pusat, Kota Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 15 anak terdiri dari 11 perempuan dan 4 laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dalam melipat kertas origami dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan melipat kertas origami peserta didik dapat mengembangkan kreativitas peserta didik dan meningkat setelah adanya tindakan melalui origami. Pada siklus I pertemuan 1 persentasi kreativitas anak tingkat Belum Berkembang (BB) pada siklus 1 pertemuan 2 persentasi anak Mulai Berkembang (MB), pada siklus 1 pertemuan 3 persentasi anak sudah mulai meningkat Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II pertemuan 1 persentasi kreativitas peserta didik Berkembang Sesuai Harapan 8 anak. Pada siklus II pertemuan 2 persentasi kreativitas peserta didik sudah ada yang mencapaiBerkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II pertemuan 3 telah mencapai indikator keberhasilan 12peserta didik yang berhasil dan ada yang berkembang Sangat Baik (BSB).

Kata Kunci: Melipat Kertas Origami, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:00
Last Modified: 15 Jan 2020 07:00
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item