Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Mima’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur

Afifah, Ambar (2019) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Mima’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AMBAR AFIFAH (1501010151) PAI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar Fikih siswa diketahui dari banyak siswa yang belum mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 66,6%siswa. Dalam hal ini guru sudah menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah dan pemberian tugas, akan tetapi sebagian besar siswa cendrung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan semangat dalam belajar. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan guru, bahkan mengalami kesulitan apabila diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi. Sering kali diberikan kesempatan bertanya siswa hanya terdiaam sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan guru.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Peneliti mengambil tindakan untuk meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas V MI Ma’arif NU Sekampung sebanyak 33 siswa pada materi Khitan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk pengamati aktivitas guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dan metode dokumentasi.

Hasil Penelitian dengan menggunakan model pembelajara Jigsaw Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I menghasilkan rata-rata 3,3% setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus II menjadi 4,4% . Sedangkan Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I menghasilkan rata-rata 52,4% dan setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas siswa pada siklus II menjadi 74,6%dan pada hasil belajar siswa siklus I didapati nilai rata-rata siswa yaitu 66,7 dengan rincian 19 siswa tuntas dan 14 siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa rata-rata mendapatkan nilai 77,2dengan rincian sebanyak 26 siswa yang telah tuntas belajar dan 8belum tuntas.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih Kelas V MI Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:48
Last Modified: 15 Jan 2020 06:48
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item