Peran Da’i dalam Mengantisipasi Kristenisasi di Desa Sumberagung Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur

Putri, Heni Cahyanti (2019) Peran Da’i dalam Mengantisipasi Kristenisasi di Desa Sumberagung Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HENI CAHYANI PUTRI NPM. 1503060081.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapaagama yang dianut oleh warga Desa Sumberagung. Umat muslim diwajibkan untuk menyebarkan agama Islam. Penyebaran agama Islam dilakukan oleh da’i melalui dakwah untuk meneruskan tuntunan Nabi Muhammad Saw. Permasalahan yang terjadi desa tersebut karena adanya gerakan kristenisasi melalui penetrasi budaya yang dilakukan oleh misionaris. Misionaris melancarkan aksi melalui bantuan kemanusian dan pernikahan antar agama.

Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran da’idalam mengantisipasi kristenisasi di Desa Sumberagung Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Tujuan lain adalah untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran da’i. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang didapatoleh penulis tentang peran da’i dalam mengantisipasi kristenisasi di Desa Sumberagung adalah memberikan wawasan dan penanaman akidah Islam kepada umat Islam. Pemberian wawasan tentang akidah Islam dengan dakwah yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan yang ada di desa Sumberagung. Penanaman akidah yang diberikan bertujuan agar warga desa tidak terpengaruhi dengan adanya prinsip Kristen. Antisipasi juga dilakukan menggunakan tindakan aplikatif yang dilakukan dalam mengantisipasi kristenisasi dengan menjaga hubungan kedekatan atau memiliki sikap toleransi dengan pemeluk agama Kristen.Faktor pendukung peran da’i adalah adanya semangatwarga dalam mengikuti setiap kegiatan keagamaan seperti pengajian akbar dan mingguan serta kesadaran diri warga akan pentingnya pendidikan agama. Faktor penghambatnya yakni terbaginya umat Islam Desa Sumberagung ke dalam beberapa organisasi masyarakat, sikap internal warga desa atau umat Islam, serta usia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:14
Last Modified: 15 Jan 2020 07:14
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item