Seni Haddrah dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di Desa Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu

Kurniasari, Intan (2019) Seni Haddrah dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di Desa Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
INTAN KURNIASARI NPM. 1603060087.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Haddrah adalah kesenian Islam yang didalamnya berisi sholawat Nabi Muhammad SAW untuk mensyiarkan ajaran agama Islam. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan bagi masyarakat baik berfikir, bersikap, maupun tingkah laku.Masyarakat yang pada saat itu masih suka degan musik dangdut, meminum khamr, dan tidak suka megikuti kegiatan pengajian atau keagamaan. Maka dari itu ada salah seorang Ustadz yang berinisiatif untuk membuat grub haddrah yang bertujuan untuk merubah masyarakat di desa Wonosari untuk menjadi lebih baik. Haddrah juga merupakan kesenian lokal yang keberadaannya penting untuk dipertahankan sampai saat ini. Melalui dakwah yang diisi dengan dzikrullah, memuji Rasulullah dengan diiringi musik haddrah maka akan memikat masyarakat untuk lebih meningkatkan ukhuwah islamiyahdi Desa Wonosari. Berdasarkan latar belakang tersebut maka timbul keinginan penelitiuntuk mengetahui manfaatseni haddrah dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah di desa Wonosari,Kecamatan Gadingrejo,Kabupaten Pringsewu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat seni haddrah dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah di Desa Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Dengan berdakwah menggunakan kesenian maka akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena membawa perubahan yang sangat baik. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research)yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumberdata yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Kemudian data-data yang dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwamasyarakat di Desa Wonosari menjadi semangat baik dalam melakukan aktivitas-aktivitas keagamaan, aktivitas keagamaan yang dilakukan para masyarakat di Desa Wonosariadalah bersosial, belajar membaca Al-Quran, Mauidotul Hasanah, dan Bersholawat. Melalui mauidotul hasanah serta bimbingan-bimbingan yang baik dapat berpengaruh terhadap akhlak dan kehidupan masyarakatyang mengikuti kegiatan haddrah tersebut.Serta melalui haddrah juga masyarakat bisa menjalin Ukhuwah Islamiyah dan dapat mempergunakan waktu mereka dengan hal yang bermanfaat dan bisa membangun pribadi mereka menjadi lebih baik.

Kata Kunci: Haddrah,Ukhuwah Islamiyah, Baik,Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:19
Last Modified: 15 Jan 2020 07:19
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item