Metode Dakwah Bi Al-Hikmah dalam pembinaan risma di 15 Kauman Metro Pusat

Kurniawan, Adi (2019) Metode Dakwah Bi Al-Hikmah dalam pembinaan risma di 15 Kauman Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI 001.FUAD.2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode Dakwah adalah cara yang digunakan Da’i untuk menyiapkan materi dakwah, metode dakwah sangat penting perannya dalam menyampaikan dakwah, metode yang benar meskipun materi yang disampaikan, maka pesan baik tersebut bisa ditolak. Pembinaan adalah suatu proses dinamika kehidupan manusia yang berlangsung sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan jiwa manusia, yang dimulai sejak dalam kandungan Ibunya sampai mencapai masa dewasa.

Hasil wawancara yang penulis lakukan pada tanggal 17 mei 2019 kepada ketua Risma Masjid Al-Hikmah di 15 Kauman Metro Pusat yaitu dapat diketahui bahwa metode bi al-hikmah sudah digunakan oleh pengurus risma dalam menyampaikan pembinaan risma di 15 Kauman Metro Pusat. Apa jenis metode dakwah yang sesuai bagi Pembinaan Risma di 15 Kauman Metro Pusat ? dan Apa Faktor penghambat dalam Pembinaan Risma di 15 Kauman Metro Pusat ?, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui metode dakwah yang sesuai untuk Pembinaan Risma di 15 Kauman Metro Pusat, dan untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dalam Pembinaan Risma di 15 Kauman Metro Pusat Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif , metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil yang lakukan peneliti mengenai Metode Dakwah Bi AlHikmah dalam Pembinaan Risma Metode Dakwah Bi Al-Hikmah yang dilakukan di 15 Kauman Metro Pusat dapat diketahui bahwa Metode Dakwah Bi Al-Hikmah digunakan dalam penerapan pembinaan dan sangat membantu dalam upaya melakukan pembinaan terhadap remaja yang berada di sekitar masjid Al-Hikmah ataupun remaja yang berada disekitar 15 Kauman Metro Pusat, hal itu dilakukan agar bisa mencegah tindakan remaja yang menyimpang dari norma-norma agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:47
Last Modified: 03 Oct 2019 01:47
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item