Metode Ruqyah Terhadap Kesehatan Mental Santri Pondok Pesantren Jolo Sutro Adijaya Terbanggi Besar Lampung Tengah

Fatimah, Santi Siti (2019) Metode Ruqyah Terhadap Kesehatan Mental Santri Pondok Pesantren Jolo Sutro Adijaya Terbanggi Besar Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SANTI SITI FATIMAH NPM. 1503060051.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruqyah adalah bacaan atau doa yang dibacakan untuk memohon kesembuhan. Sedangkanmenurut syariat Islam ruqyah adalah bacaan yang terdiri dari ayat-ayat Al-Quran dan Sunah untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT bagi setiap orang yang sakit. Masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan manusia datang secara silih berganti dan terkadang dari mereka sendiri yang tidak kuat menerimanya. Metode penyembuhan dengan menggunakan ruqyah yang dilakukan di pondok pesantren JoloSutro sebenarnya sudah lama diterapkan, hanya saja belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Membuat masyarakat sekitar masih takut untuk membawa anggota keluarganyauntukberobat di pondoktersebut.Kebanyakan santri yang berada diPondok Pesantren Jolosutro adalah pasien penderita gangguan mental yang disebabkan oleh faktor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan ruqyah yang dilakukan di Pondok Pesantren Jolo Sutro Adijaya,pengaruh yang ditimbulkan setelah dilakukannya ruqyah serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ruqyah di Pondok Pesantren Jolo Sutro Adijaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data induktif.

Hasil penelitian ini yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan ruqyah yang dilakukan oleh kyai Maksum dan bapak Faizin berdasarkan nilai-nilai ke Islaman, bacaannya terdiri dari Kalam Allah (Al-Quran) atau dengan doa-doa Rasullah,sertabacaannya dari bahasa Arab. Bahkan tidak hanya sebagai amal ibadah, metode ruqyah juga menjadi obat dan penawar bagi seseorang yang gelisah jiwanya dan tidak sehat secara mental. Pengobatan dengan menggunakan metode ruqyahinimemiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan mental santri pondok pesantren Jolo Sutro. Adapun yang menjadi faktor pendukungdalam pelaksanaan ruqyahadalah adanya kemauan serta motivasi yang kuat untuk sembuh, serta adanya dukunganyang besar dari keluarga. Sedangkanyang menjadifaktor penghambat pelaksanaan ruqyahdisebabkan karena Lemahnya iman yang dimiliki sehingga sering melupakan Tuhannya, tidak bisa membedakan manayang benar dan mana yang salah, Kurang Dzikrullah menjadikan hatinya keras dan jauh dari Tuhannya, Tidak percaya diri dengan kemampuan yang di miliki, Malas Beraktivitas, Lebih Suka Menyendiri dan Murung, Tidak MauMengikuti Kegiatan yang diadakan di Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:30
Last Modified: 15 Jan 2020 07:30
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item