Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari di Indonesia

Nurhaliza, Lilik (2019) Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI LILIK NURHALIZA NPM. 1503060093.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Amar ma’rūf nahi munkar adalah salah satu pilar agama Islam yang sangat penting.Tegaknya amar ma’rūf nahi munkar akan menjamin tegaknya Islam dan baiknya masyarakat. Sebaliknya, diabaikannya amar ma’rūf nahi munkar akan menyebabkan maraknya kemunkaran. Pelaksanaan terhadap ajaran amar ma’ruf nahi munkar seringkali dilakukan dengan cara -cara yang justru didalam prespektif agama tidak dibenarkan, bahkan dapat dikategorikan dengan kekerasan yang mengatas namakan agama, banyak orang yang melakukan nahi munkar tetapi tidak mengurangi kemunkaran justru menambah kemungkaran. Padahal dalam agama Islam selalu diajarkan tentang rasa kasih sayang, saling menghargai, sabar dan sikap perduli terhadap orang lain. Sebagaimana aktivitas dakwah yang KH. HasyimAsy’ari lakukan, dakwah yang berlandaskan keadilan, kasih sayang, sabar,ikhlas, saling menghargai, dan sikap peduli terhadap orang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep KH. Hasyim Asy’ari yang berkaitan dengan amar ma’ruf nahi munkar serta bagaimana relevansi amar ma’ruf nnahi munkarpada masa kini.Penelitian ini bersifat deskriptif analisa dan jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka ( libarary reseach). Teknik pengumpulan data menggunakan historis, kritis, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode -metode tertentu , yakni induktif,penulis mengumpulkan data dari berbagai sumber bacaan, baik sumber primer, sekunder maupun tersier.

Hasil penelitian yang diperoleh tersebut adalah. Ajaran amar ma’ruf nahi munkar perspektif KH. Hasyim Asy’ari begitu banyak yang diajarkan tetapi dasar pokok dari terciptanya amar ma’ruf nahi munkaradalah melalui tauhid, anti fanatisme, persaudaraan dan toleransi. Tauhid dan anti fanatisme merupakan suatu konsep akidah dan paham atau prilaku yang menunjukan ketertarikan terhadap sesuatu secara berlebihan. Menguatkan tauhid dan memegang faham anti fanatisme merupakan sebuah kunci dalam kehidupan yang damai, taat, dan taqwa terhadap Allah SWT. Toleransi dan persaudaran merupakan dua hal yang penting dalam menghargai adanya sebuah perbedaan. Dengan adanya toleransi dapat menghindari tumbuhnya permusuhan antara sesama muslim. Relevansi amar ma’ruf nahi munkarpada kehidupan sehari -hari sangatlah penting, amar ma’rufnahi munkardapat menyelamatkan orang -orang lalai dan orang -orang ahli maksiat dan juga orang lain yang taat dan istiqomah. Sedangkan Tauhid, anti fanatisme, persaudaraan dan toleransi meruapakan suatu konsep yang dapat menjadikan amar ma’ruf nahi munkardapat terlaksana dengan baik, dengan memperkuat itu semua dapat menjadikan masyarakat dan bangsa menjadi sosok yang lebih kuat dan lebih taat terhadap Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:47
Last Modified: 15 Jan 2020 07:47
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item