Strategi Dakwah Organisasi Muhammadiyah di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah

Khoiriyah, Siti (2019) Strategi Dakwah Organisasi Muhammadiyah di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI KHOIRIYAH NPM. 1503060110.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi dakwah merupakan cara atau metode dalam menyampaikan pesan dakwah kepada masyarakat. Strategi dakwah digunakan oleh seorang da’i untuk mengatasi permasalahan-permasalahan masyarakat yang belum atau tidak melaksanakan ajaran islam secara sempurna dan baik seperti memakmurkan masjid dengan sholat berjamaah dimasjid, kurangnya minat menambah pengetahuan ilmu agama, misalnya: kurang berantusias menghadiri kajian, mendengarkan ceramah atau kultum yang dilaksanankan secara rutin. kurangnya kepedulian sosial antar sesama, kurangnya kesadaran untuk melakukan infaq dan sedekah di Kecamatan Rumbia Lampung. Oleh sebab itu peneliti meneliti tentang strategi dakwah organisasi muhammadiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi dakwah organisasi muhammadiyah di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) sifat penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan induktifmetode berfikir yang bersifat khusus dan ditarik kesimpulan bersifat umum.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, strategi dakwah organisasi Muhammadiyah di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah adalah dengan pendekatan-pendekatan antara lain Pertama, pendekatan individu yaitu dengan menggunakan stategi sentimentil memberikan nasehat yang lembut mengenai pentingnya wawasan ilmu agama serta meningkatkan kesadaran sosial dengan tindakan nyata mengajak menghadiri kajian dan ber infaq.Kedua, dengan pendekatan kelompok yaitu dengan strategi ta’lim yaitu dengan mengajak masyarakat berdiskusi dan membahas tentang suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:54
Last Modified: 15 Jan 2020 07:54
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item