Kegiatan Majelis Taklim Masyarakat di Masjid Al-Adhar Desa Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat

Amanah, Defi Nur (2019) Kegiatan Majelis Taklim Masyarakat di Masjid Al-Adhar Desa Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DEFI NUR AMANAH 1503060071 .pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kegiatan Majelis Taklim Masyarakat Di Masjid Al-Adhar Desa Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat. Majelis taklim sebagai salah satu bentuk pendidikan islam yang bersifat non formal nampak sangat di butuhkan di kalangan masyarakat Islam. Majelis taklim merupakan lembaga pendidikan yang tertua dalam sejarah islam dan tidak dapat dilepaskan dari perjalanan dakwah Islamiah sejak awal, yang dimulai saat Rasulullah SAW mengadakan kegiatan kajian dan pengajian di rumah Aqram bin Abi Arqam (Baitul Aqram), yang dilaksanakan secara sembunyi-sembunyi ketika beliau masih berada di mekah.

Berdasarkan hal tersebut yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi penulis adalah kegiatan apa saja yangdi lakukan Majelis Taklim di Desa Mercu Buana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu ketua Majelis Taklim Desa Mercu Buana, jamaah Majelis taklim Msjid Al-Adhar di Desa Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pada prosesnya kegiatan Majelis Taklim Desa Mercu Buana berfungsi antara lain sebagai tempat belajar mengajar, lembaga pendidikan dan ketrampilan dan jaringan komunikasi atau silaturahmi antar warga masyarakat.

Kegiatan majelis taklim masyarakat di Masjid Al-Adhar Desa Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah kegiatan pengajian dan tibaan/berjanjen. Keberadaan Majelis Taklim di Desa Mercu Buana penting karena banyak hal-hal positif yang diperoleh masyarakat Desa yaitu menambah ilmu pengetahuan agama, menenangkan hati serta memberi semangat untuk belajar. Faktor pendukung Kegiatan Majelis Taklim Di Desa Mercu Buana adalah sarana yang memadai seperti perlengkapan yang di perguanakan saat kegiatan, ingin menambah wawasan keislaman dan menjaga tali silaturahmi. Faktor penghambat yang di alami jamaah untuk melakukan kegiatan majelis taklim adalah keadaan yang tidak bisa dipastikan serta faktor cuaca, kesibukan dan pekerjaan masyarakat yang berbeda-beda, tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Kata kunci: Kegiatan, Majelis Taklim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:57
Last Modified: 15 Jan 2020 07:57
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item