Peran Da’i dalam Penyampaian Materi Dakwah pada Risma (Remaja Islam Masjid) Dusun III Liman Benawi Kecamatan Trimurjo

Ayuni, ArfiliaTriska (2019) Peran Da’i dalam Penyampaian Materi Dakwah pada Risma (Remaja Islam Masjid) Dusun III Liman Benawi Kecamatan Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ARFILIA TRISKA AYUNI 1503060068 .pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Da’i Dalam Penyampaian Materi Dakwah Pada Risma Dusun III Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Tahun 2018/2019” seorang da’i adalahjuru dakwah yang mengerjakan tugas mulia,meneruskan tugas nabi Muhammad saw. Untuk mensyiarkan Islam, Risma merupakan perkumpulan organisasi non formal yang melibatkan para Remaja didaearh tempat tinggal dan saling mempelajari tentang islam, untuk menambah wawasan lebih luas, dan menjaga silaturahmi, seperti halnya risma yang berada di Dusun III Liman Benawi.

Berdasarkan hal tersebut, Permasalahan yang dikaji dalam dalam skripsi ini adalah bagaimana peran da’i dalampenyampaian matei dakwah pada Risma dan bagiman dampak dari dakwah yang telah seorang da’i sampaikan kepada Risma Dusun III Liman Benawi Kecamatan Trimurjo.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriftif kualitatif, sumber data yang diperolah yaitu dari Da’i di Dusun III Liman Benawi, ketua Risma, dan anggota Risma Dusun III Liman Benawi Kecamatan Trimurjo. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pada proses kegiatan Risma da’i selalu memberi pelajaran tentang islam, bagaimanaberdakwah yang mudah diteima oleh para pendengarnya, dan tetap menjaga silaturahmi, serta sopan santun terhadaporang lain dan berakhlak baik.

Dampak dari materi dakwah, dan kegiatan –kegiatan yang diberikan seorang da’i di Dusun III Liman Benawi , membuat para Risma memiliki kegiatan yang positif setelah dari sekolah, berakhlak dan percaya diri untuk berbicara di masyarakat luas.Kata kunci : Peran, Da’i, Dakwah, Risma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:01
Last Modified: 15 Jan 2020 08:01
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item