Nilai-nilai religius dalam pembentukan moral masyarakat di desa Purwo Adi 19 A Kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah

Purnomo Aji, Adi (2019) Nilai-nilai religius dalam pembentukan moral masyarakat di desa Purwo Adi 19 A Kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI 002.FUAD.2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Menurunnya nilai nilai Religius yang melanda sebagian masyarakat saat ini merupakan salah satu akibat dari perkembangan global dan kemajuan IPTEK yang tidak di imbangi dengan kemajuan moral akhlak. Masyarakat yang berada di Desa Purwo Adi 19a Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah belakangan ini mulai melalukan hal-hal yang menyimpang dan menurunnya nilainilai agama karena di akibatkan banyaknya bergaul dengan masyarakat non mslim yang berada di Desa Purwo Adi 19a Kecamtan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, sehingga masyarakat yang berada disana mulai meninggalkan kegiatankegiatan keagamaan seperti berhentinya perkumpulan risma di masjid dan tidak lagi berjalnnya pengajian.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana nilai-nilai Religius yang ada di Desa Purwo Adi 19a Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah? Bagaimana strategi penerapan nilai-nilai Religius terhadap pembentukan moral masyarakat yang ada di Desa Purwo Adi 19A Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai religius masyarakat Desa Purwo Adi 19A Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan nilai-nilai religius terhadap moral masyarakat Desa Purwo Adi 19A Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu interview, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan analisa data sebagai hasil penelitian, dapat diketahui bahwa nilai Religius yang ada di Desa Purwo Adi 19a Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah telihat dari beberapa kegiatan yang ada di Desa Purwo Adi pengajian dan ceramah yang di adakan di setiap jum’at untuk pengajian ibu-ibu dan anak, kegiatan menghapal Al-Qur’an bagi para remaja dan anak anak, serta keikut sertaan pemerintah yang mendorong tokoh agama untuk mensiarkan agama islam dengan adanya program untuk anak-anak agar bisa membaca Al-Qur’an, untuk kegiatan ta’lim ini terbagi menjadi beberapa kelompok di antaranya. (a) kelompok majelis ta’lim laki-laki, (b) kelompok majelis ta’lim perempuan, (c) kelompok majelis ta’lim risma, (d) kegiatan tahlilan. Dan dari masing-masing kelompok majelis ta’lim kegiatannya berbeda waktu dan tempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:56
Last Modified: 03 Oct 2019 01:56
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item