Analisis Psikologi Dakwah dalam Tradisi Istigosah di Kuburan pada Komunitas Islam Kejawen

Melati, Kukuh (2019) Analisis Psikologi Dakwah dalam Tradisi Istigosah di Kuburan pada Komunitas Islam Kejawen. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
KUKUH MELATI 1503060091 .pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Psikologi dakwah merupakan ilmu pengetahuan tentang segala sesuatu yang menyangkut jiwa, psikologi dakwah dapat memberikan pandangan tentang dilakukan perubahan tingkah laku atau sikap mental Jamaah sesuai dengan pola kehidupan yang dikehendaki oleh ajaran agama yang didakwahkan. Setiap manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya baik material (jasmani)dan spiritual (rohani). Kebutuhan material adalah kebutuhan manusia akan sandang, pangan, dan papan. Usaha untuk mendapatkan kebutuhan pokok manuisa tersebut tidak selalu lancar, karna keterbatasan akan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, maka usaha harus diimbangi dengan sesuatu yang bersifat spiritual. Dengan terpenuhi kebutuhan spiritual maka manuisa akan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tercapailah tujuan tertentu yang dikehendaki dengan memperdalam keimanan dan ketakwaan.

Permasalahan yang terjadi didesa tersebut terdapat komunitas Islam kejawen yang melakukan istighosah dikuburan yang salah satu cara berdoa dan mengharapkan pertolongan Allah SWT agar dalam menjalankan kehidupan ini selalu mendapat ketenangan. Permasalahan yangakan dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana psikologi masyarakat yang melaksanakan tradisi istighosah dikuburan dan Bagaimana pelaksanaan istighosah dikuburan desa Kresnowidodo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis psikologi masyarakat yang melaksanakan istighosah serta mendeskripsikan pelaksanaan istighosah.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data induktif yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta khusus laluditarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum.

Penelitian ini ditemukan bahwa psikologimayarakat yang mengikuti istighosah membuat jiwa menjadi tenang seringkali jamaah merasa gelisah, khawatir, takut karena memikirkan masa depan, memikirkan rezeki, kesehatan,kematian, dan lainnya. Akan tetapi ketika mengikuti istighotsah para jamaah senantiasa mengingat Allah Swt yang maha kuasa, maha kasih, maha sayang dan hal ini masuk kedalam jiwa jamaah, maka jamaah akan menjadi tenang dan tentram karena semuakekhawatiran tidak ada artinya bagi Allah Swt Jiwa yang tenang pada diri seseorang terlihat dari prilaku, sikap dan gerak-geriknya yang tenang, tidak tergesa-gesa, penuh pertimbangan.pelaksanaan istighosah dilaksanakan dikuburan pada malam jumat keliwon, pukul 20.30 WIB -selesai dan masyarakat yang ingin mengikuti Istighosah diwajibkan untuk bersuci (wudhu). Kemudian dimulailah pelaksanaan istighosah dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan.Kata kunci : Psikologi Dakwah, Istighosah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:05
Last Modified: 15 Jan 2020 08:05
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item