Strategi Pelatihan Muhadharah Terhadap Kemampuan Berdakwah Santri Pondok Pesantren Darul Ulya Iringmulyo Kecamatan Metro Timur Kota Metro Lampung

Adela, Loviana (2019) Strategi Pelatihan Muhadharah Terhadap Kemampuan Berdakwah Santri Pondok Pesantren Darul Ulya Iringmulyo Kecamatan Metro Timur Kota Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LOVIANA ADELA.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pelatihan muhadharah adalah kegiatan berlatih pidato/kegiatan berbicara didepan umum yang dilakukan setiap minggunyadi Pondok Pesantren Darul Ulya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan santri, khususnya dalam hal pidato juga berdakwah, untuk mengasah keberanian dan juga mental santri dalam hal berbicara dihadapan banyak orang, dikarenakan tidak semuasantri memiliki keahlian dalam berpidato, maka dari itu perlu adanya pelatihan khusus. Pelatihan adalah suatu upaya yang dilakukan secara terus menerus dan konsisten agar apa yang diinginkan dapat mendapatkan hasil yang maksimal melalui pengembangan kebiasaan pikiran dan tindakan, kecakapan, pengetahuan dan sikap.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah strategi yang digunakan para Ustadz/Ustadzah dalam melatih santri berpidatopada kegiatan pelatihan muhadharah dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam proses pelatihan. Tujuan penelitian ini adalahmenjelaskan strategi apa saja yang digunakan para Ustad/Ustadzah ketika melatih santri berpidato pada kegiatan pelatihan muhadharah di Pondok Pesantren Darul Ulyadan juga untukmemahamifaktor yang pendukung dan penghambat pada saat pelatihan muhadharah di Pondok Pesantren Darul Ulya.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus, kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum.

Dari hasil penelitian ini adalah dengan adanya kegiatan muhadharah dapat mengasah kemampuan berpidatonya dengan rasa percaya diri. Santri yang pada awalnya belum percaya diri ketika berbicara di depan umum, sekarang ini mentalnya sudah terlatih sehingga santri bisa berpidato dan menyampaikan ilmu yang sudah dimiliki kepada masyarakat luar Pesantren. Dapat disimpulkan bahwa strategi pelatihan muhadharah yang digunakan di Pondok Pesantren Darul Ulya adalah dengan menggunakan strategi menghafal, dengan menggunakan strategi ini para santri dapat memahami isi teks pidato tersebut, sehingga ilmu dan skillnya bertambah.Keyword: Strategi, Muhadharah, Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:13
Last Modified: 15 Jan 2020 08:13
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item