Program-program Dakwah di Indosiar dalam Meningkatkan Pengamalan Keislaman bagi Ibu-ibu di Desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara

Wati, Novia Kinti Fajar (2019) Program-program Dakwah di Indosiar dalam Meningkatkan Pengamalan Keislaman bagi Ibu-ibu di Desa Banjarsari Kecamatan Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NOVIA KINTI FAJAR WATI.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Televisi adalah media massa yang mempunyai sifat audio-visual yang juga disebut media pandang dengar, artinya televisi selain dapat didengar juga dapat dilihat secara langsung. Daya tarik televisi tersebutlah yang dapat dijadikan sebagai sarana dakwah dalam menyampaikan nilai-nilai keislaman melalui program-program siaran dakwahnya. Adanya Televisi dengandemikian,penyampaian hal tersebutdapatmenyatukan presepsi umat Islam dengan menerima pesan pesan yang disampaikan secara bersama-sama dan seragam.

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah peranan program dakwah di Indosiar dalam penerapan nilai-nilai ke Islaman pada masyarakat di Desa Banjarsari, sedangkantujuan penelitian ini untuk menjelaskan peranan program program dakwah di Indosiardalam penerapan nilai-nilai keIslaman pada masyarakat di Desa Banjarsari.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatanbersifatdeskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datayang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik Analisis data menggunakan teknik analisis data induktif yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta khususlalu ditarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum.

Hasil penelitian ini menunjukanbahwa peranan program dakwah di Indosiar dalam penerapannilai-nilai keIslaman pada masyarakat di Desa Banjarsari sangat berperan, dibuktikan dengan adanya kesadaran diri tentang kebenaran nilai dan pandangan hidup secara Islam, sehingga terjadilah praktek nilai-nilai keIslaman tentang tingkah laku yang baikdalam kehidupan pribadi masyarakatnya. Kesadaran diri bertingkah laku baik tersebut diantaranya bersedekahkepada fakir miskin, maupun berbagi makanan dengan tetangga,danbertingkah laku baik terhadap orangtua seperti lebih lembut saat berbicara kepada orangtua, tidak pernah membentaknya apabila melakukan kesalahan dan selalu membantu apabila orangtua sedang kesusahan, dan adapulapengajian untuk memberikan pemahaman nilai-nilai keIslaman secara lebih rinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:17
Last Modified: 15 Jan 2020 08:17
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item