Pelaksanaan Shalat Wajib Pedagang Pasar Tradisional di Kota Metro (Studi Kasus: Jamaah Musholla Baitul Moqoddim)

Salim, Firmanda (2018) Pelaksanaan Shalat Wajib Pedagang Pasar Tradisional di Kota Metro (Studi Kasus: Jamaah Musholla Baitul Moqoddim). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FIRMANDA SALIM NPM 14127856.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shalat wajib merupakan perintah Allah Swt. yang paling utama. Waktu-waktu dalam pelaksanaan shalat wajib terdiri dari shalat Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib dan Isya. Pelaksanaan shalat wajib harus dilaksanakan tanpa harus menundanya. Hal-hal yang membuat seseorang sibuk dalam masalah duniawi, tidak diperbolehkan untuk menunda bahkan lalai dari perintah melaksanakan shalat wajib.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan shalat wajib pedagang pasar tradisional di musholla Baitul Muqoddim Kota Metro. Penelitian ini juga menganalisis bentuk dakwah Bil Hal, yaitu bagaimana pengaruh dari pedagang yang shalat terhadap pedagang lainnya. Wawancara dilakukan terhadap pedagang pasar tradisional yang juga menjadi jamaah di musholla Baitul Muqoddim. Pengamatanyang dilakukan yaituterhadap pedagangyang melaksanakan shalat wajib di mushola Baitul Muqoddim,serta dakwah bil hal yang mereka lakukan setiap memasuki waktu shalat wajib. Semua data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini, pedagang pasar tradisional banyak yang melaksanakan shalat wajib di musholla Baitul Muqoddim khususnya pada waktu shalat Subuh, Zuhur dan Ashar. Sedangkan untuk shalat Magrib dan Isya, musholla Baitul Muqoddim hanya terdiri dari jamaah warga setempat. Banyaknya pedagang yang melaksanakan shalat tidak begitu saja terjadi. Dakwah Bil Hal yang terjadi antara pedagang pasar inilah yang membuat peningkatan jamaah yang signifikan. Namun, dakwah Bil Hal yang terjadi masih kurang efektif, hal ini dikarenakan masih ada pedagang yang tidak mengajak secara lisan tetapi hanya mencontohkannya saja. Pedagang yang masih belum bisa melaksanakan shalat juga dikarenakan kesadaran beribadah dan kesibukan mereka di pasar tradisional tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:51
Last Modified: 16 Jan 2020 01:51
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item