Seni Hadrah Sebagai Media Dakwah di Desa Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran

Wati, Demila (2018) Seni Hadrah Sebagai Media Dakwah di Desa Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DEMILA WATI NPM. 14125306.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seni hadrah sebagi media dakwah yang digunakan pada grup Hadrah di Desa Rejo Agung.

Penelitian ini dilakukan pada dasar pembelajaran Hadrah NuruL Iman di Desa Rejo Agung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati, subyek Penelitian adalah grup hadrah Nurul Iman Desa Rejo Agung.penelitian ini difokeskan pada seni hadrah yang digunakan sebagai sarana untuk berdakwah. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara: observasi, wawancara, dokumentasi, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, catatn lapangan,dan alat perekam audio visual, analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: reduksi darta, penyajian data, penyimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seni hadrah di desa rejo agung digunakan sebagai sarana berdakwah untuk masyarakat adalah dengan lagu-lagu atau syairnya yang terkandung pesan-pesan dakwah dan setiap pembelajaran di akhiri dengan tausiyah. Melalui penelitian ini peneliti menemukan hal yang menarik yang digunakan dalam grup seni hadrah atau pimpinan hadrah dalam pembelajaranya di tambahkan tausiyah untuk mempengaruhi para angota pemain hadrah atau masyrakat sekitar .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:48
Last Modified: 16 Jan 2020 01:48
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item