Peran Da’i dalam Menyampaikan Dakwah Kepada Masyarakat di Desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah

Oktaviani, Tiva (2018) Peran Da’i dalam Menyampaikan Dakwah Kepada Masyarakat di Desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TIVA OKTAVIANI NPM. 14125616.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat desa Totokaton terdapat 8 dusun, di desa tersebut peran da‟i dalam menyampaikan dakwah belum tercapai karena masih ada masyarakat yang belum menanamkan nilai-nilai agama seperti masih ada masyarakat khususnya ibu-ibu yang masih sering membicarakankejelekanorang lain (merumpi) ketika bertemu(di warung dan arisan).

Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Bagaimana peran da‟i di desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat? Apa faktor penghambat dan pendukung da‟idalam menyampaikan dakwah di desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui peran da‟i di desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dalam menyampaikandakwah kepada masyarakat dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukungdalam menyampaikan dakwah di desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian da‟i dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat di desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah, Bahwada‟i di Desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah berperanmerubah akhlak masyarakat khususnya ibu-ibu desa Totokaton yang dulunya akhlaknya kurang baik (mazmumah) menjadi akhlak yang baik (mahmudah), serta akhlak yang mulia (karimah). Keberhasilan da‟i dalam berdakwah dipengaruhi olehfaktor penghambat kegiatan dakwah da‟i di Desa Totokaton yaitu faktor lingkungan dan faktor ekonomi, sedangkanfaktor pendukung keberhasilam dalam berdakwah yaitufaktor Sumber Daya Manusia (SDM), saranaprasarana. Kesimpulannyada‟i di Desa Totokaton mendapatkan hasil yang dulu perilaku masyarakatnya kurang baik dan tidak menanamkan nilai-nilai agama, dengan adanya peran da‟i dalam menyampaikan dakwah maka perilaku masyarakat menjadi lebih baik dan sudah mulai menanamkan nilai-nilai agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:44
Last Modified: 16 Jan 2020 01:44
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item