Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Pada Anak Usia Remaja Awal (Studi Kasus di Desa Pempen Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur)

Latipatul Fauziah, Eka Putri (2019) Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Pada Anak Usia Remaja Awal (Studi Kasus di Desa Pempen Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EKA PUTRI LATIPATUL FAUZIAH (NPM.14114111).pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab orangtua dalam memberikan pendidikan anak memiliki peranan yang sangat penting. dalam kehidupan sehari-hari orangtua adalah tauladan bagi anak-anaknya dan untuk selanjutnya orangtua akan menjadi tokoh terpenting dalam kehidupan sosial dan agama bagi anak. Dalam pembagian tahap perkembangan manusia, masa remaja menduduki tahap progressif. Masa remaja merupakan masa peralihan yang dilalui oleh seorang anak menuju masa kedewasaannya, Perkembangan anak pada masa remaja juga dipengaruhi oleh perkembangan jasmani dan rohaninya. Artinya penghayatan remaja terhadap ajaran agama dan amal keagamaan yang tampak pada remaja banyak berkaitan dengan perkembangan.

Dalam penelitian ini menghasilkan pertanyaan penelitian “bagaimana tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan agama pada anak usia remaja awal di desa Pempen Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana tanggung jawab orangtuaterhadap pendidikan agama pada anak usia remaja awal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan, yaitu “penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan statistic atau cara kuantifikasi lainnya, sumber primer
Dalam Penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak usia remaja awal dan anak usia remaja awal sedangkan sumber sekundernya yaitu para tokoh agama, dan juga tetangga sebagai acuan teoritis.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa dan kualitatif. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display dan conclusion/verivication.

Dari hasil penelitian, orangtua di desa Pempen Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur telah melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban untuk mendidik dan membimbing putra putrinya, khususnya kepada mereka yang telah menginjak masa remaja awal, walaupun pendidikan agama yang diberikan adalah hanya sekedar mengarahkan semampu dan sebisanya saja, beberapa juga terlihat orangtuayang menekankan serta menerapkan pendidikan agama dengan baik kepada putra putrinya, memberikan contoh dan tidak berhenti memberikan arahan, dengan demikian ternyata memberikan jawaban bahwa pendidikan agama yang diberikan di lingkungan keluarga sangat berperan sebagai sebuah bekal untuk remaja awal ketika bergaul di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:38
Last Modified: 16 Jan 2020 01:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item