Peran Guru TPA dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo

Aulia, Sulton (2018) Peran Guru TPA dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SULTON AULIA (14115631).pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Anak adalah generasi penerus dan merupakan tulang punggung kemajuan bangsa, negara dan agama di masa yang akan datang, maka dari itu seorang anak harus dibekali dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu pendidikan non formal yang akan membuat anak bisa lebih mendalami tentang ajaran Agama terutama mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an. Melalui Taman pendidikan Al-Qur’an seorang anak dapat dididik dengan tenaga pendidik yang pada umumnya disebut Ustadz dan Ustadzah, dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada santri TPA Guru memerlukan sebuah metode untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an.Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru TPA dalam meningkatakan kemamapuan membaca Al-Qur’an menggunkan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Quran Al-kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjodan apa hambatan guru TPA dalam meningkatakan kemamapuan membaca Al-Qur’an menggunkan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Quran Al-kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo.

Jenis penelitian iniadalah Kualitatif.Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana “Peran Guru TPA dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati”, sehingga penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guruTPA, orang tua dan santri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaituObservasi, interviewdan dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama dengandata reduction,data display, dan terakhir adalah Conclution drawing/verification

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, Peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo yaitu: pengajaran menggunakan metode Tilawati yaitu tehnik klassikal yaitu : a) guru membaca murid mendengarkan b) guru membaca murid menirukan c) guru membaca bersama-sama murid, dan juga tehnik baca simak dan juga di dukung peran guru lain sehingga kamampuan membaca santri yang sebelumnya kurang mejadi sedikit meningkat lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:33
Last Modified: 16 Jan 2020 01:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item