Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengamalan Ibadah Shalat Siswa di SMP Negeri 1 Punggur Kecamatan Punggur TA.2017/2018

Safitri, Erlinda Yuliana (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengamalan Ibadah Shalat Siswa di SMP Negeri 1 Punggur Kecamatan Punggur TA.2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ERLINDA YULIANA SAFITRI NPM. 14114171.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan akal, mental maupun moral, untuk menjalankan fungsi kemanusiaan yang diemban sebagai seorang hamba dihadapan khaliqnya dan sebagai pemelihara alam semesta. Dalam menjalankan fungsi tersebut, maka pendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan. Pendidikan Agama Islam merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, mengkhayati ,mengimani, bertakwa, berakhlak mulia, dan mengamalkan ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadist melalui bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan pengamalan.Berkenaan dengan hal di atas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat dhuhur siswa di SMP Negeri 1 Punggur Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dan hambatan apa saja dalam pengamalan ibadah shalat dhuhur di sekolah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang mengungkapkan suatu fenomena melalui deskripsi bahasa non-statistiksecara holistik. Dilihat dari Sifatnya, penelitian ini tergolong studi kasus yakni sebuah penelitian mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisasi .sumber data ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (reduksi data), Data display(penyajian data),dan Data conclusion drawing/ verification.Analisis ini digunakan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat dhuhur berjamaah disekolah.

Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan dapat diperoleh kesimpulanya bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengamalan ibadah shalat siswa di sekolah secara berjamaah sudah berhasil .Hambatan guru pendidikan Agama Islam adalah hanya beberapa kelompok siswa yang tidak melaksanakan ibadah shalat dhuhur secara berjamaah dan juga keterbatasan tempat untuk pelaksanaan ibadah shalat, karena masjid dalam proses pembangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:25
Last Modified: 16 Jan 2020 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item