Motivasi Orangtua Memilih Pendidikan Pesantren Untuk Anaknya di Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan

Masruroh, Siti (2019) Motivasi Orangtua Memilih Pendidikan Pesantren Untuk Anaknya di Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI_SITI MASRUROH.pdf - Other

Download (11MB) | Preview

Abstract

Mendidik anak merupakan tanggung jawab orangtua. Tanggung jawab pendidikan tersebut meliputi pendidikan umum dan pendidikan agama. Dapatlah diperkirakan bahwa orangtua tidak mungkin dapat memikulnya sendiri secara sempurna. Setiap orangtua tentunya menginginkan anaknya menjadi orang yang berkembang dengan baik, mereka menginginkan anak yang dilahirkan itu kelak menjadi orang yang sehat, kuat, berketerampilan, cerdas, pandai dan beriman. Karena berbagai keterbatasan orangtua, baik dari segi waktu maupun kemampuannya, maka sebagian tanggung jawab pendidikan dapat dilimpahkan kepada orang lain melalui lembaga-lembaga pendidikan, yaitu seperti lembaga pendidikan non-formal termasuk pendidikan Pesantren.Berdasarkan survey yang PenulislakukandiDusun 1 Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanandidapatibanyak orangtua yang memilih Pendidikan Pesantren untuk anaknya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi orangtua memilih pendidikan Pesantren untuk anaknya serta alasan orangtua memilih pendidikan pesantren untuk anaknyadiDesa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan. Yang menjadi informan dalam penelitian yaitu orangtua dan anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan jenis dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulandata wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan teknik. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis bahwa motivasi orangtua memilih pendidikan Pesantren untuk anaknya di Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan adalah (1) keinginan orangtua agar anak mendalami ilmu agama (2) keinginan orangtua agar anak memiliki akhlak yang bagus (3) biaya yang terjangkau(4) pertimbangan organisasi agama sesuai yang dianut(5) jarak antar Pondok dan sekolah berdekatan(6) perasaan ketidak mampuan orangtua mendidik anak di rumah(7) keinginan orangtua agar anak menjadi hafidz atau hafidzoh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:20
Last Modified: 16 Jan 2020 01:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item