Studi Pengamalan Ibadah Jamaan Masjid Nurul Huda Tejo Agung Metro Timur

Arofah, Dora (2018) Studi Pengamalan Ibadah Jamaan Masjid Nurul Huda Tejo Agung Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DORA AFROHAH.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shalat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah muakkad yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Shalat tarawih dapat dilaksanakan mulai setelah shalat Isya hingga terbit fajar. Melaksanakannya dapat di masjid, surau, atau bahkan di rumah. Jumlah rakaatnya pun umumnya berbeda dimasyarakat antara 11 rakaat dan 23 rakaat tergantung pemahaman setiap individu. Faktor pendukung dan penghambat sangat dominan dalam pelaksanaan shalat tarawih di masjid.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengamalan ibadah jamaah masjid Nurul Huda Tejo Agung Metro Timur khususnya ibadah shalat tarawih dan witir dan juga menganalisis pengamalan ibadah shalat tarawih dan witir jamaah masjid. Wawancara dilakukan terhadap masyarakat sekitar Masjid Nurul Huda yang juga menjadi jamaah di Masjid Nurul Huda serta beberapa pengurus masjid dan imam masjid. Pengamatan yang dilakukan yaitu tingkat penurunan jamaah dan faktor penghambat belum melaksanakan tarawih di masjid. Semua data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki kemauan untuk shalat tarawih dimasjid meskipun jumlah jamaahnya cenderung stabil. Kurangnya pengetahuan, kurangnya iman dan kurangnya motivasi dalam beribadah sangat memicu semangat melaksanakan tarawih dan witir di masjid. Faktor pendukung pengamalan ibadah jamaah yaitu tingkat pemahaman dan keterikatan iman dan kecintaan kepada Allah SWT dan menyayangkan apabila ibadah yang hanya setahun sekali tidak dilakukan. Faktor penghambat pengamalan ibadah yaitu malas, kurangnya keimanan, kurang pemahaman dan kurangnya motivasi dari keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:11
Last Modified: 16 Jan 2020 01:11
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item