Penerapan Prinsip Khiyar dalam Transaksi Jual Beli Jilbab Secara Grosir di Pasar Cendrawasih Kota Metro

Baiti, Nur (2018) Penerapan Prinsip Khiyar dalam Transaksi Jual Beli Jilbab Secara Grosir di Pasar Cendrawasih Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NUR BAITI.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pasar Cendrawasih merupakan salah satu pasar tradisional yang menjadi sentraperbelanjaan oleh masyarakat yang terletak di Kota Metro. Di dalam proses jual belinyasalah satu sistem jual yang digunakan adalah penjualan barang secara grosir. Jual beli grosir merupakan jual beli yang memiliki standar jumlam minimal pembelian yang dilakukan dalam jumlan banyak dengan harga sesuai dengan harga grosir. Adapun pedagang yang menggunakan sistem jual beli secara grosir salah satunya adalah pedagang jilbab.Di dalam kegiatan jual beli tidakselamanyaselalu berjalan sesuai dengan keinginan penjual ataupun pembeli, seperti ketika barang yang dibeli mengalami kerusakan. Haltersebut merupakan keadaan dimana keputusan harus dilakukan dengan unsur kerelaan antara penjual dan pembeli. Jika keputusan diambil secara sepihak saja maka ditakutkan pihak lain akan mengalami kerugian yang menyebabkan tidak terpenuhinya unsur kerelaan atas transaksi jual beli yang dilakukan. Untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan salah satu pihak maka dibutuhkan hak pilih untuk meneruskan atau membatalkan jual beli dan dalamislam disebut dengan khiyar.Di dalam permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai penerapan khiyar dalam jual beli jilbab secara grosir di Pasar Cendrawasih Kota Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara (interview) dan dokumentasi, danmenggunakan teknik analisis data kualitatif serta menggunakan metode berfikir induktif. Metode berfikir induktif adalah pengambilan kesimpulan dimuali dari fakta yang ada di lapangan menuju pada kesimpulan yang bersifat umum.Data yang telah didapatkan kemudian akan disusun, diolah dan dikaji kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.

Hasil penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan kedalam beberapa hal yaitu penerapan Prinsip khiyar sudah diterapkan oleh mayoritas penjual jilbab secara grosir di Pasar Cendrawasih Kota Metro, Adapun khiyar yang telah diterapkan adalah khiyar aib,khiyar riyah dan khiyar majlisnamun penerapan belum dilakukan secara sempurna. Adapun jenis khiyar yang belum diterapkan adalah khiyar syarat, hal ini dikarenakan resikokerugian pedagang terlalu besar jika pembeli membatalkan jual beli hanya karena ketidak cocokan model, resiko yang akan ditanggung penjualadalah jilbab akan menumpuk di toko bersamaan dengan model jilbab barusehingga kemungkinan jilbab tidak laku semakin besar, hal inilah yang mendasari pedagang jilbab grosir tidak menerapkan khiyar syarat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:09
Last Modified: 16 Jan 2020 01:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item