Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep Social Entrepreneurship (Studi di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSEI Filantropi IAIN Metro)

Hakim, Lukman (2018) Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep Social Entrepreneurship (Studi di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSEI Filantropi IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Lukman Hakim-PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG KONSEP SOSIAL ENTREPRENEURSHIP.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM)KSEI Filantropi adalah organisasi intra kampus yang fokus kajiannya tentang ekonomi; baik ekonomi konvensional maupun ekonomi Islam.Secara sederhana, anggota KSEI Filantropi telah melakukan kegiatansocial entrepreneurshipdalam organisasinya walaupun materi tersebut belum masuk dalam program kerja, kajian dan forum diskusi. Lalu bagaimanakah pemahaman anggota KSEI Filantropi tentang konsep social entrepreneurship.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan telaah mengenai pemahaman konsep social entrepreneurship bagi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)KSEI Filantropi IAIN Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini bersifat deskriptif, yaitu berupa keterangan-keterangan dan bukan berupa hitungan dan angka-angka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua jenis sumber data tersebut, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.

Dari hasil penelitian, dapat peneliti simpulkan bahwa seluruh narasumber anggota UKM KSEI Filantropimampu menyatakan ulang konsep tentang social entrepreneurshipdan dapat memberikan contoh dari konsep social entreprenership. Artinya narasumber hanya memenuhi dua indikator dari tujuh indikator pemahaman yang dinyatakan oleh Kilpatrick dan Findel.

Sedangkan jika ditinjau berdasarkan tujuh kategori proses kognitif pemahaman Anderson & Krathwohl yaitu menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying), mengklasifikasikan (classifying), meringkas (summarizing), menarik inferensi (inferring), membandingkan (comparing), dan menjelaskan (explaining),narasumber juga belum memenuhi tujuh kategori proses kognitif pemahaman tentang konsep social entrepreneurship.Sedangkan jika ditinjau dari kemampuan pemahaman menurut Daryanto, narasumber baru sampai kepada kemampuan menerjemahkan pengertian social entrepreneurship. Anggota KSEI Filantropi belum sampai pada tahap menafsirkan dan ekstrapolasi. Hal ini bisa ditinjau dari para narasumber yang hanya bisa menguraikan pengertian social entrepreneurship dan contohnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:00
Last Modified: 16 Jan 2020 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item