Upaya guru dalam menanggulangi problematika proses pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan kota Metro

Rahmawati, Dewi (2019) Upaya guru dalam menanggulangi problematika proses pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 065.FTIK.2019.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Adanya siswa yang kurang semangat dalam menghafal Al-Qur’an dan masih kesulitan membaca Al-Qur’an sehingga menjadi menghambat pelaksanaan proses pembelajaran tahfidzul Qur’an dan menjadi problematika dalam mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru tahfidz dalam menanggulangi problematika proses pembelajaran tahfidzul Qur’an. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran tahfidzul Qur’an, 2) apa saja problematika yang dihadapi siswa, dan 3) apa saja upaya yang dilakukan guru terhadap problematika proses pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data penelitian ini adalah dengan triangulasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat dianalisis bahwa upaya guru yang dilakukan dalam menanggulangi problematika proses pembelajaran tahfidzul Qur’an berjalan dengan cukup baik namun belum berhasil maksimal. Hal ini dapat dilihat dari beberapa upaya guru yang telah dilakukan seperti memperbaiki bacaan siswa dengan metode sima’i atau talaqqi, memotivasi siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh para siswa mulai dari kelas VII-IX sebagai syarat mengikuti ujian kelulusan dengan pencapaian target adalah 3 juz. Jadwal kegiatan tahfidzul Qur’an dilaksanakan pada setiap hari Senin sampai Jumat yaitu mulai pukul 06.50-08.00. Problematika dalam proses pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan yaitu terdapat siswa yang masih kesulitan membaca Al-Qur’an. Dimana siswa kurang menguasai ilmu tajwid dan makhorijul huruf yang baik dan benar. Adapun upaya guru dalam menanggulangi problematika tersebut, adalah sebagai berikut: 1) Guru tahfidz memperbaiki bacaan siswa, 2) memberikan motivasi kepada siswa, 3) menerapkan metode yang bervariasi, 4) membimbing para siswa untuk tetap muraja’ah, 5) memberikan hukuman bagi siswa yang belum mencapai target hafalan, 6) dan mengevaluasi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:37
Last Modified: 10 Oct 2019 06:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item