Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas 8 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro

Nurwidiya, Salysa (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas 8 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Salysa Nurwidiya - 2171030018 - PBA.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro yang dilatarbelakangi. Kurikulum merdeka belajar ini memberikan keleluasaan kepada guru untuk memilih berbagai perangkat ajar, metode dan strategi pembelajaran yang berdiferensiasi sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro,permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan cara memaksimalkan kurikulum merdeka pada tujuan pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro.

Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menguraikan data di lapangan. Cara mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Teknik analisis penelitian dilakukan secara induktif dimulai dengan pengamatan, pencarian, memahami fenomena dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui 5 tahapan yaitu asesmen diagnostik, perencanaan, pembelajaran, penilaian, refleksi dan evaluasi. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab seperti problem guru dalam menentukan metode dan teknik mengajar pembelajaran dengan berdiferensiasi, tidak adanya sistem ranking, kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik terhadap bahasa Arab dan problem guru dalam perubahan paradigma asesmen. Adapun cara yang dilakukan dalam memaksimalkan kurikulum merdeka pada tujuan pembelajaran bahasa Arab yaitu melalui kebijakan kepala sekolah seperti problem solving, mengadakan pelatihan atau penataran terkait kurikulum merdeka, upgrading dan melengkapi sarana prasarana dan juga monitoring terhadap proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru bahasa Arab juga aktif mengikuti kegiatan pelatihan, diskusi dengan tim bahasa Arab dan sering mengikuti musyawarah guru mata pelajaran bahasa Arab demi kemajuan pembelajaran bahasa Arab.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab, SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:33
Last Modified: 13 Aug 2024 00:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item