Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perkembangan E-Marketing melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Fitra Shop Adiwarno, Kec. Batanghari, Kab. Lampung Timur)

Nurbayti, Siti (2021) Perkembangan E-Marketing melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Fitra Shop Adiwarno, Kec. Batanghari, Kab. Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SITI NURBAYTI NPM. 1704040220 EKONOMI SYARIAH - siti nurbayti.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Sejalan dengan kecanggihan teknologi di era sekarang ini, melahirkan sistem pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk ataupun jasa yang dimiliki. Perusahaan dituntut untuk dapat menerapkan strategi bauran pemasaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan. Bauran pemasaran meliputi empat variabel yaitu produk, harga, tempat atau saluran distribusi, serta promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan e-marketing melalui media sosial dalam meningkatkan penjualan.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan teknik purpose sampling serta sumber data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara kepada pemilik, karyawan dan delapan orang konsumen yang terkait dengan data penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bauran e-marketing yang dilakukan oleh Fitra Shop secara garis besar sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari bauran pemasaran produk, Fitra Shop sudah melakukan inovasi produk dengan menjual beragam jenis produk serta menjaga kualitas dari produk yang dijual. Untuk penetapan harga yang diterapkan oleh Fitra Shop sudah efektif karena menyesuaikan dengan kualitaas dari barang yang dijual. Kemudian untuk bauran pemasaran tempat atau saluran distribusi, Fitra Shop sudah efektif karena menyesuaikan dengan kualitas dari barang yang dijual. Kemudian untuk bauran pemasaran tempat atau saluran distribusi, Fitra Shop sudah menggunakan media sosial sebagai media pemasarannya dan untuk pendistribusian produk kepada konsumen juga sudah baik. Kemudian untuk bauran promosi, Fitra Shop sudah menerapkan promo penjualan (seperti: diskon pembelian dan promo weekend) serta pemasaran secara langsung melalui media sosial. Penerapan bauran e-marketing yang sudah cukup baik ini dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian secara terus-menerus (repeat order) dan juga membantu Fitra Shop dalam mendapatkan reseller. dengan demikian perkembangan e-marketing melalui media sosial yang dilakukan oleh Fitra Shop dapat membantu meningkatkan penjualan dengan adanya repeat order dari konsumen dan reseller.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:11
Last Modified: 06 Nov 2024 03:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item View Item