Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Penguasaan Mufrodat Kelas VII MTS Darul A'mal Metro Tahun Pelajaran 2022/2023

Rofi’ah, Umi Mutmainnatur (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Penguasaan Mufrodat Kelas VII MTS Darul A'mal Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI UMI MUTMAINNATUR ROFI'AH 1801020019 - Umi Rofi'ah.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kosakata adalah sekumpulan kata yang menunjukkan makna tertentu yang digunakan seseorang untuk kegiatan berbahasa dan merupakan bagian dari kekayaaan bahasa pada umumnya yang mnggambarkan suatu singkat kompetensi dalam bahasa dan bidang bahasa. Mufrodat adalah kumpulan kosakata yang digunakan oleh seseorang baik lisan maupun tulisan yang sudah memiliki pengertian dan uraian terjemahannya tanpa dirangkaikan dengan kata-kata lain serta tersusun secara abjadiah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan penguasaan mufrodat kelas VII MTs Darul A’mal Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen (pre-experiment) serta berhubungan antara variable pada kelas VII MTs Darul A’mal Metro . Jumlah populasi dalam penelitin ini yaitu berjumlah 458 yang diantaranya dari kelas VII A sampai engan kelas VII P. Serta sampel yang diambil dari dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII J yang berjumlah 33 siswa. Dimana teknik pengambilan data pada sampel tersebut menggunakan teknik cluster sampling (berkelompok). Dan
instrument penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.

Dan hasil analisis data yang diperoleh dar penelitian ini pada pre test memiliki nilai rata-rata 58,1818. Dapat dinyatakan bahwa hasil dari pre test tidak memuaskan. Sementara rata-rata post test 78,4545, yaitu siswa mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Adapun hasil dari analisa data menggunakan rumus t-test menunjukkan bahwa t_hitung = 29,271 lebih besar dari t_tabel 2,037 pada taraf signifikan 5% dan 2,738 pada taraf signifikan 1%. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan penguasaan mufrodat pada siswa kelas VII MTs Darul A’mal. Kesimpulan bahwa metode bernyanyi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran mufrodat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:47
Last Modified: 06 Nov 2024 02:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item