Manan, Abdul (2018) Pengaruh Pemberian Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Islamiyah Banjarrejo Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ABDUL MANAN .pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan suatu upaya menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci al-Qur’an dan al-Hadits, malalui kegiatan bimbingan, pengajaran latihan, serta penggunaan pengalaman. Salah satu upaya yang dilakukan adalah adanya motivasi orangtua yang sesuai atau serasi sehingga peserta didik merasa senang belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mampu membangkitkan semangat belajar pesertadidik untuk mencapai tujuan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) itu sendiri.
Adapun masalah yang penulis temukan melalui hasil pra survey yang dilakukan pada hari Senin 27 Maret 2017 melalui wawancara dengan Bapak Rohmad S.Pd.I diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Islamiyah Banjarrejo masih rendah yaitu ditunjukan pada aktivitas visual 43%, aktivitas mendengar 30% dan aktivitas metrik 27%. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Pemberian Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Islamiyah Banjarrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Motivasi Orangtua terhadap hasil belajar peserta didik. Dan untuk dugaan sementara atau hipotesis penulis menyatakan bahwa terdapat pengaruh pemberian motivasi orangtua terhadap hasil belajar PAI di SMP Islamiyah Banjarrejo Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil analis data penulis menggunakan Product Moment. Hasil yang diperoleh adalah pada taraf signifikan 5% sebesar 0,316, sedangkan pada taraf signifikan 1%diperoleh rtabel sebesar 0,408, ternyata rxy yang diperoleh sebesar 0,670. Jadi, rhitung lebih besar dari pada rtabel sehingga diperoleh rtabel(5%)<rxy>rtabel(1%) yaitu 0,127<0,671>0,230.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 09:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 09:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |